Alamat

Jalan Trisula 32 Kademangan, Kabupaten Blitar./ Rumah Gendola Blitar. | Insight Blitar adalah media informasi, bukan produk Jurnalistik.

For you

Artikel Lainnya

Skip to main content

4 Jenis Buah yang Identik dengan Blitar, Bagaimana Nasibnya Kini?



Blitar termasuk daerah yang diberkahi kesuburan tanah dan sumber daya alam melimpah, wilayahnya yang cukup luas membuat banyak jenis tanaman bisa tumbuh bahkan menjadi identitas tersendiri, tak terkecuali 4 jenis buah ini.


Wilayahnya mulai dari daerah lereng gunung, dataran rendah, hingga pantai, memungkinkah tumbuhnya beragam kekayaan hayati. 4 jenis buah ini adalah sebagian dari kekayaan alam Blitar.


Buah-buah ini tumbuh banyak di Blitar, atau sengaja dibudidayakan dan bahkan kemudian dikenal sebagai komoditas dari Blitar. Apa saja?


 4. Belimbing



Tak bisa dipungkiri jika Buah Belimbing sangat identik dengan Blitar, bahkan menjadi ikon tersendiri, terutama di kawasan Kota. Beberapa kebun Belimbing banyak ditemui di daerah Karangsari dan sekitarnya.


Selain itu, rumah-rumah lama pada eranya juga menanam Buah Belimbing di sekitarnya. Meskipun sudah menjadi ikon kota, apakah produksi Belimbing Blitar masih semasif dahulu?


 3. Durian



Saat tiba musim durian, kita akan dapati dengan mudah penjual Durian khas Blitar. Kebunnya sebagian besar di sekitar lereng Gunung Kelud seperti Nglegok dan Gandusari, meskipun juga banyak tumbuh di dataran yang lebih rendah.


Durian Blitar memang berukuran kecil dan sedang, namun punya cita rasa yang khas. Manisnya pas, dan menjadi buah favorit semua kalangan.


Bagi masyarakat luar daerah, jika musim Durian, cobalah berlibur ke Blitar, akan sangat mudah menemui penjual Durian dengan harga terjangkau.


 2. Nanas



Nanas Blitar pernah sangat terkenal dan menjadi brand tersendiri di luar daerah. Kebunnya banyak ditemui di daerah Ponggok dan sekitarnya.


Tak sedikit supplier buah yang menjadikan Nanas Blitar sebagai komoditas utama. Namun apakah buah Nanas dari Blitar kini masih seeksis dulu?


 1. Aceh/Rambutan



Selain pohon Mangga, pohon Rambutan adalah salah satu kekayaan kultural tersendiri di Blitar. Rumah-rumah zaman dahulu, terutama di sekitar kawasan Blitar, hampir punya Pohon Rambutan. Sangat mudah mendapatinya.


Saat musim Rambutan, buah ini sangat mudah ditemui di sekitar rumah. Eksistensi Rambutan Blitar semakin dikenal terutama saat mahasiswa Blitar yang kuliah di luar kota kembali ke perantauan dan membawa oleh-oleh rambutan.


Rambutan Blitar dikenal bukan sebagai komoditas, namun lebih sebagai buah yang tumbuh subur di kawasan Blitar. Apakah sekarang masih begitu, ya?


 ***


Menurut pembaca Insight Blitar, adakah jenis buah lain yang sangat identik dengan Blitar?

Comments