MTsN 1 Kota Blitar Jalin Kerjasama dengan FLP Blitar, Perkuat Literasi Sekolah



Penandatanganan MoU antara pihak MTsN 1 Kota Blitar dan FLP Blitar.



KOTA BLITAR - Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Blitar menjalin kerjasama di bidang literasi dengan Forum Lingkar Pena Cabang Blitar.


Penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) dilaksanakan pada Selasa (26/7/22) antara Kepala Sekolah dan Ketua FLP Blitar.


Kerjasama tersebut meliputi 3 hal yaitu: editor karya, narasumber dan penerimaan anggota baru.


Kerjasama ini dirasa penting untuk memperkuat program literasi di sekolah, apalagi dengan Gerakan Literasi Sekolah yang semakin digiatkan.


Para civitas akademika, baik guru dan siswa, bisa lebih produktif berkarya, terutama berkaitan dengan progam literasi sekolah seperti menerbitkan buku dan publikasi digital.


Forum Lingkar Pena di Blitar sudah berdiri sejak 2008 dan aktif melakukan kegiatan penguatan kepenulisan, beberapa buku telah diterbitkan dan juga membangun kanal untuk menampung karya anggota di www.flpblitar.com.


Hariyani, salah satu guru yang aktif memggerakkan literasi di MTsN 1 Kota Blitar menyambut baik kerjasama tersebut.


Apalagi, pimpinan sekolah juga memiliki perhatian khusus pada pengembangan literasi di sekolah.


"Kepala sekolah saat ini sangat getol menggiatkan literasi, bahkan ada pengalokasian anggaran khusus," jelasnya.


Ia dan beberapa guru juga aktif berkarya dan menerbitkan buku, salah satu karyanya pernah diulas pada program Bestari (Belajar Seni Sastra dan Literasi) kerjasama FLP Blitar dan Radio Asa Fm.


Menurutnya, pandemi yang telah berlangsung selama 2 tahun ini memberikan suatu tantangan tersendiri bagi para guru untuk terus produktif.


Salah satu yang membuatnya juga bergabung dengan Forum Lingkar Pena Blitar dan mendukung penguatan literasi di sekolah.


Saat ini, MTsN 1 Kota Blitar dipimpin oleh Hj. Aniqotuz Zuhro, S.Ag, M.Pd.I.


Sekolah yang terletak di Jalan Cemara No. 83 tersebut termasuk sekolah jujugan banyak siswa dari berbagai daerah di Blitar raya.


Program Literasi di Sekolah perlu terus digiatkan sebab literasi dan pendidikan ada dua hal yang tak terpisahkan. (Red.b)


loading...

Post a Comment

0 Comments