5 Suguhan Lebaran Legendaris yang Tak Lekang oleh Zaman




Lebaran tiba. Nah, pasti sudah pada mempersiapkan suguhan untuk menyambut sanak keluarga, kerabat, tetangga atau kolega yang akan berkunjung ke rumah kan?

Secara tak sadar, ada beberapa suguhan yang sudah seperti otomatis atau random harus tersedia karena sangat legendaris. Apalagi jika di rumah masih ada generasi kakek nenek dan ayah ibu kita yang sudah merasakan lebaran sejak tahun 80-an.

Lantas apa saja sih 5 suguhan legendaris yang tak lekang oleh zaman dan hampir selalu ada setiap datang hari raya Idulfitri? Ini dia.

1. Biskuit Khong Guan


Ups... harusnya tak boleh menyebut merk, namun tak masalah untuk kali ini, sebab meski tiap tahun ada merk biskuit-biskuit baru, namun Khong Guan hampir tak tergantikan.

Biskuit Khong Guan sangatlah legendaris, pada era 80-an biskuit ini termasuk salah satu suguhan lebaran paling mewah lho.

Khong Guan adalah produk dari Biscuit Factory Indonesia, sebuah perusahaan berskala nasional yang bergerak di bidang industri makanan khususnya produk Biskuit, Wafer dan Waferstik. Berdiri sejak tahun 1970. Jadi bisa dibayangkan betapa legendarisnya biscuit ini.

2. Kerupuk Ikan Pink

Banyak suguhan jenis kerupuk yang sudah tergantikan dengan kue-kue kering, namun kerupuk ikan masih sangat eksis hingga kini. Bahkan menjadi favorit generasi bapak ibu dan kekek nenek kita lho.

Kerupuk ikan bentuknya unik, seperti ikan. Harganya pun juga terjangkau, rasanya enak dan jika digoreng jadi banyak. Alasan lain kenapa kerupuk ikan masih eksis, sebab bisa sekaligus buat lauk pauk lho guys.

3. Kue Nastar

Nastar adalah sejenis kue kering dari adonan tepung terigu, mentega dan telur yang diisi dengan selai buah nanas. Kue ini pernah sangat hits pada eranya dan selalu ramai pesanan menjelang lebaran.

Asal katanya dari bahasa Belanda ananas dan taart. Bentuk kue ini bulat-bulat dengan diameter sekitar 2 cm, di atasnya sering dihias dengan potongan kecil kismis atau cengkeh. Enak dan mengenyangkan lho.

Sama seperti Biskuit Khong Guan, Kue Nastar termasuk suguhan mewah saat lebaran. Sampai saat ini Kue Nastar masih menjadi suguhan lebaran, meski sudah banyak kue pesaingnya.

4. Opak Gambir
Ada kriuknya, ada manisnya, tapi juga ada gurihnya. Nyaman banget di mulut, ya itu Opak Gambir. Jajanan yang sangat populer di daerah Jawa Timur dan berasal dari Blitar lho.

Opak Gambir adalah suguhan lebaran yang tetap eksis hingga saat ini, coba cek di rumah-rumah, pasti ada Opak Gambir. Mesi bentuknya beda-beda, ada yang lancip seperti tumpeng, ada yang bulat lebar atau panjang digulung.

5. Astor
Siapa sih orang Indonesia yang tak pernah makan Astor? Terutama anak-anak yang lahir era 90-an. Astor menjadi suguhan lebaran yang sangat legendaris karena mudah sekali didapatkan.

Selain itu, Astor digandrungi anak-anak karena ada variasi coklat, stroberi, vanila dan lain-lain. Astor juga termasuk jenis snack yang terus mengalami perkembangan. Hingga saat ini tak terhitung berapa banyak merk snack Astor di Indonesia.

---
Itu dia 5 suguhan lebaran legendaris yang tak lekang oleh zaman versi Insight Blitar. Lalu adakah suguhan legendaris lain versimu?
loading...

Post a Comment

0 Comments