5 Pekerjaan yang Sangat Dibutuhkan di Era 5.0



Sumber foto: Argia Academy

Revolusi industri 4.0 yang memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi telah merubah perilaku masyarakat, terutama dalam menggunakan media digital. Sehingga, era 5.0 mulai disebut sebagi era masyarakat digital.

loading...
Saat ini beberapa “pekerjaan” baru bermunculan, hal yang tak pernah terpikir sebelumnya, dan akan semakin dibutuhkan ketika benar-benar memasuki era 5.0. Sebut saja konten kreator, beberapa YouTuber mendapatkan penghasilan yang sangat besar dari proses kreatifnya. E-commerse pun juga makin banyak.

Berikut kami rangkum 5 pekerjaan yang akan sangat dibutuhkan menjelang era 5.0, apa saja?

Videografer
Sebuah konten, terutama yang tayang di YouTube dan memikat jutaan penonton tak bisa lepas dari seorang videografer, yang merancang dan mengedit video menjadi sangat menarik.

Kedepan orang yang ahli editing video ini akan banyak dicari, karena semakin banyaknya aktor dan influencer yang memanfaatkan sosial media untuk membuat konten video. Tidak hanya pada YouTube, namun juga Instagram, Facebook, Video.com, dan lainnya.

Lembaga pemerintah dan swasta pun juga tak akan kalah saing, untuk mengenalkan program layanannya. Jadi, orang kreatif dalam bidang ini akan sangat dicari.

Social Media Specialist
Apakah kita pernah menyangka bahwa keahlian dalam memainkan sosial media bisa jadi suatu pekerjaan yang menggiurkan? Ya, nyatanya itu terjadi, di era sekarang, hampir semua lembaga memiliki akun sosial media sebagai media informasi dan komunikasi.

Pemerintah mulai tingkat desa, kecamatan, kota/kabupaten, provinsi sampai pusat pun memerlukan sosok yang sangat lihai memainkan sosial media. Ini dalam rangka efektifitas dan efisiensi dalam berkomunikasi dengan masyarakat.

Keahlian ini tidak bisa dianggap remeh, perlu seorang spesialist : bagaimana membuat konten yang pas, lalu menyampaikannya ke masyarakat. Perlu juga keahlian seperti analisis data akun, sehingga informasi bisa tepat sasaran, juga konten-konten yang mudah diakses dan dipahami masyarakat.

Marketer Online/ digital marketing consultant

Dua orang menjual barang yang sama, dengan kualitas yang sama, namun omzetnya jauh berbeda, seperti langit dan bumi. Itu karena salah satunya memanfaatkan internet untuk memasarkan, sehingga jangkauannya sangat luas.

Untuk bisa membaca pasar dengan baik, lalu mengemas produk agar menarik perlu seorang yang bisa membaca pasar, menganalisis data, memoles produknya, dan menyebarkannya ke calon pembeli. Maka sosok digital marketing consultant akan sangat dibutuhkan.

SEO dan Copywriter
Menjadi seorang penulis di era digital juga sangat menggiurkan, apalagi copywriter. Keahlian ini akan sangat diperlukan dalam rangka memikat pembaca untuk memiliki suatu produk atau memanfaatkan jasa tertentu.

Keahlian lain yang tak kalah penting adalah bagaimana agar produk/jasa tersebut bisa muncul dalam page pertama di pencarian google, mengingat banyak orang kini mencari produk/jasa di internet. Maka dua keahlian di atas akan sangat dibutuhkan.

Digital Entrepeneur
Menjadi pengusaha dalam bidang digital tentu sangat menjanjikan. Selain bisa berkolaborasi dengan pemilik produk dan jasa, kamu juga bisa menawarkan layanan digital ke berbagai lembaga. Tentu digital entrepenur ini akan sangat berjaya di era digital 5.0.

Uniknya, beberapa keahlian di atas bisa menjadi ladang pekerjaan tersendiri, atau bisa juga keahlian tambahan yang dibutuhkan dalam pekerjaan utamanya. Kini tak jarang sebuah lembaga mengkursuskan humas atau publik relasinya agar menguasahi media digital.

Nah, jika saat ini kamu sedang masa belajar, perhatikan lima hal di atas dan jangan sampai ketinggalan zaman. 5 keahlian di atas akan sangat dibutuhkan di era Society 5.0. (InsightBlitar)
loading...

Post a Comment

0 Comments