Untuk Memahami Muhammadiyah, Thohir Luth Merekomendasikan Tiga Buku ini







BlitarmuID – Banyak diantara warga, kader, bahkan Pimpinan Muhammadiyah sendiri yang merasa perlu memahami bagaimana faham keIslaman Muhammadiyah. Bukan berarti Muhammadiyah memiliki faham tersendiri diluar Islam, melainkan bagaimana cara Muhammadiyah memandang Islam.
 
Thohir Luth
Hal yang paling sering ditanyakan Masyarakat adalah tentang ibadah dan fiqh. Untuk itu, Wakil Ketua PWM Jatim, Prof. Dr. Thohir Luth merekomendasikan tiga buku untuk dipelajari, jika ingin mengetahui tentang Faham KeIslaman Muhammadiyah. Tiga buku tersebut adalah referensi dasar, tentu jika ingin lebih luas lagi, bisa membaca buku-buku yang lain.

Tiga buku yang dimaksud adalah, Buku Himpunan Putusan Tarjih (HPT), Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah (PHIWM), dan Tanya Jawab Agama jilid 1-8. HPT sendiri sudah tersedia dalam bentuk aplikasi yang bisa di unduh melalui ponsel Android.




“Buku tanya jawab agama sekarang sudah sampai jilid 8, namun jika ingin lebih tahu Muhammadiyah dalam konteks yang lebih luas, masih ada banyak buku yang lain, saya menulis buku berjudul Menjaga Muhammadiyah, karena faktanya banyak sekali orang Muhammadiyah sendiri yang justru merusak Muhammadiyah,” jelasnya.

Lebih lanjut, dalam acara Latihan Instruktur Baitul Arqam yang diadakan Majelis Pendidikan Kader PWM Jatim itu, beliau menyampaikan bahwa landasan Muhammadiyah adalah Al Qur’an dan Sunnah Shahihah.

Mantan Ketua PWM Jatim yang kini mejabat sebagai wakil ketua tersebut membawakan materi bertema Faham KeIslaman Menurut Muhammadiyah. Acara berlangsung di Rusunawa UMM, 28-30 April 2017 dan diikuti oleh Pimpinan Majelis Kader PDM Zona 2 yang meliputi Wilayah Malang, Batu, Blitar, Pasuruan, Probolinggo, Jember, dan Banyuwangi. [red.b]
loading...

Post a Comment

0 Comments