5 Alasan Kenapa Harus Berkunjung ke Blitar



loading...


Blitar merupakan daerah yang berdekatan dengan Malang dan Kediri. Letaknya di sebelah selatan Jawa Timur, sejalur dengan daerah lain seperti Tulung Agung, Trenggalek, dan Ponorogo. 

Ada beberapa alasan kenapa daerah ini harus dikunjungi, apalagi sebagai orang Indonesia. Blitar menyimpan banyak hal yang perlu diketahui, baik wilayah kota ataupun kabupaten. Setidaknya, ada lima alasan penting kenapa harus berkunjung ke Blitar.

Terdapat Makam Bung Karno

Ir. Soekarno, atau yang akrab disapa Bung Karno disemayamkan di Blitar. Tepatnya di desa Bendogerit, Kota Blitar. Nama Soekarno tentu tidak bisa dilepaskan sebagai tokoh penting berdirinya Republik Indonesia, karena beliau adalah proklamator sekaligus Presiden pertama Republik Indonesia.

Orang Indonesia perlu tahu siapa sosok Bung Karno lebih dekat, apalagi tradisi berziarah yang sudah mengakar pada masyarakat Indonesia. Tentu setidaknya, perlu sekali dalam seumur hidup untuk berziarah ke makam Bung Karno.


Referensi tentang Bung Karno

Tidak hanya terdapat makam, di sekitar makamnya juga berdiri dua bangunan megah yaitu perpustakaan dan museum atau ruang memorabilia. Di ruang memorabilia ini pengunjung bisa melihat foto-foto perjuangan, sekaligus mendengarkan cerita-cerita tentang bung Karno.

Begitupun di perpustakaan Bung Karno, ada ruang koleksi khusus yang mana di sana terdapat buku-buku karya Bung Karno atau yang menulis tentang Bung Karno. Referensi tentang Bung Karno di perpustakaan ini terbilang cukup lengkap, bahkan bisa jadi yang terlengkap.

Makam Pendiri Kerajaan Majapahit

Banyak yang tidak tahu kalau Raden Wijaya, pendiri Kerajaan Majapahit yang tersohor itu dimakamkan, atau lebih tepatnya abunya didarmakan di Blitar. Tepatnya di Candi Simping desa Sumberjati, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar.

Kita tahu kerajaan Majapahit adalah kerajaan yang sangat besar dan menandai lahirnya Nusantara. Masyarakat Indonesia perlu mengetahui sejarah ini.

Candi terbesar di Jawa Timur

Blitar merupakan daerah yang paling banyak memiliki Candi, dibandingkan daerah lain di Jawa Timur. Saat ini ada 12 Candi yang bisa dikunjungi, salah satu yang terbesar adalah Candi Palah atau dikenal juga dengan nama Candi Penataran.

Lokasinya di desa Penataran, Nglegok, Kabupaten Blitar. Beberapa kali raja Majapahit, termasuk Hayam Wuruk, datang ke Candi ini. Karenanya, Candi Penataran sangat penting dikunjungi sebagaimana candi Prambanan dan Borobudur.

Lokasi wisata yang berdekatan

Selain wisata sejarah yang tertulis di atas, ada beberapa lokasi wisata kreatif lain yang bisa dikunjungi dan lokasinya berdekatan. Belum lagi jika ingin berkunjung ke pantainya.

Wisata kreatif yang terkenal misalkan, Kampung Coklat, Kampung Afrika, Bukit Bunda, Gardu Kelud, Istana Gebang, dll. Dipastikan tak akan bosan ketika berkunjung ke Blitar karena banyak lokasi wisata yang bisa dikunjungi. (Fa)
loading...

Post a Comment

0 Comments