Inilah Bedanya Pecel Blitar dari Pecel Daerah Lain

loading...

loading...

Pecel memang menjadi makanan khas di Blitar, namun nyatanya di daerah lain juga punya pecel, misalnya pecel Madiun, pecel Ponorogo, atau pecel tumpang Kediri. Lantas apa yang membedakannya?

Pecel memang makanan yang sudah diwariskan turun temurun di Blitar. Beberapa yang menjadi ciri khasnya antara lain :

1. Sambelnya yang pedas manis


Setelah dilakukan riset, ternyata sambel pecel khas Blitar itu punya rasa manis, bercampur pedas. Hal ini karena diolah dengan campuran gula merah, bukan gula putih. Tahukah kamu jika gula merah juga berasal dari Blitar?

Jadi jika pecel dianggap makanan khas Blitar karena sambelnya, maka itu tak salah. Sebab sambel pecel umumnya memang punya rasa manis gula merah atau gula jawa. Biasanya juga bercampur daun jeruk, kencur, dan asam jawa.

2. Kulupan kembang turi dan kemangi


loading...
Sebenarnya inilah yang menjadi sangat khas dari pecel Blitar, yaitu ada kulupan (sayuran) kembang turi. Dulu kembang turi tumbuh dimana-mana, sekarang mungkin sudah berkurang. Pecel Blitar pada masanya sangat terkenal karena kulupan turinya. Sayang kini sudah jarang ditemui, karena sulitnya mencari kembang turi.

Selain itu daun kemangi juga jadi ciri khas pecel Blitar. Daun kemangi belakangan juga jadi pelengkap lalapan, namun sejak lama daun kemangi juga jadi bagian dari pecel Blitar, yang tak akan ditemui pada pecel daerah lainnya.

3. Kecambah dan Sawi

Kecambah memang hampir selalu ada pada pecel, namun khusus Blitar biasanya ada sayur sawinya. Pecel daerah lain umumnya mengkombinasikan kecambah dengan daun singkong, atau hanya kecambah saja.

Adanya sayur sawi dalam pecel menandakan ciri khas pecel Blitar yang sangat bervariasi.

4. Rempeyek kacang


Sekarang mungkin rempeyek kacang sudah biasa menjadi lauk ketika makan pecel. Namun rempeyek kacang sebenarnya adalah ciri khas pecel Blitar. Pecel lain, seperti pecel tumpang Kediri, lauknya bukan rempeyek, namun gorengan seperti bakwan dan kadang telur dadar.

Pecel dan rempeyek kacang adalah kombinasi khas pecel Blitar. Orang Blitar akan menyebut pecel tersebut tidak komplit jika tanpa rempeyek kacang. Meskipun sekarang rempeyek sudah banyak macamnya, seperti rempeyek udang, kedelai, dan teri.

Nah, sebagai orang Blitar, sudahkah kamu mengetahui beda antara pecel Blitar dari pecel daerah lainnya? (C02/Ath)
loading...

Post a Comment

0 Comments