5 Komoditas Terkenal dari Blitar, yang Sudah Dikenal Secara Luas






Blitar adalah daerah yang terbagi menjadi Kota dan Kabupaten, serta memiliki kekayaan alam dan histori yang layak untuk dikunjungi.

Namun Blitar juga memiliki komoditas yang sudah dikenal secara luas, bahkan menjadi brand tersendiri.

Berikut kami ulas 5 komoditas yang sudah identik dengan Blitar, bahkan dianggap khas atau asli Blitar.

1. Sambel Pecel Blitar

Sambel Pecel Blitar bisa dibilang lebih populer dibanding Pecel Blitar, meski keduanya sangat terkait.

Sambal Pecel Blitar memang terkenal lebih manis, namun manis khas gula Jawa atau gula merah yang rendah kalori.

Sambel Pecel Blitar sudah dipacking dan dipasarkan ke banyak toko oleh-oleh bahkan di luar Blitar. Sambel Pecel juga jenis sajian komplementer atau pelengkap makanan yang bisa bertahan berbulan-bulan.

Jadi, jika ingat Sambel Pecel, maka nama Blitar di belakangnya pasti jadi salah satu rekomendasinya.

2. Ikan Mujair

loading...
Ikan Mujair juga sangat identik dengan Blitar. Ikan ini ditemukan atau dikembangbiakkan dari hasil penelitian seorang yang dikenal Mbah Mujair.

Mbah Mujair sendiri tinggal di Papungan, Kanigoro, Kabupaten Blitar. Ikan yang dijadikan obyek penelitian pun juga diambil dari Pantai Serang di Selatan Blitar.

Jadi jika mendengar nama Ikan Mujair, sangat identik dengan Blitar, bahkan dianggap sebagai Ikan Blitar atau yang berasal dari Blitar.

3. Telur Ayam Blitar

Sampai saat ini, Blitar masih jadi pemasok terbesar Telur Ayam (layer), khususnya di wilayah Kabupaten Blitar. Ditaksir sekitar 30% kebutuhan telur nasional dipasok dari Blitar.

Sehingga, Telur Ayam (horn) dari Blitar begitu terkenal dan jadi salah satu komiditas unggulan, bahkan sampai ada sebutan telur ayam Blitar.

Lokasi peternakan banyak menyebar di daerah Blitar selatan yang lokasinya berada di Pegunungan dan konon itu juga membedakan kualitas telur dibanding peternakan yang relatif berada di lokasi yang lebih rendah.

Itu juga yang membuat peternak ayam petelur berkembang pesat di Blitar hingga sekarang, sehingga ketika berbicara soal komoditas telur, Blitar adalah salah satu daerah yang penting untuk disebut.

4. Kendang Blitar

Tak hanya makanan, produk kesenian seperti Kendang juga jadi komoditas penting di Blitar, terutama wilayah Kota.

Beberapa pengrajin Kendang tumbuh subur bahkan menjadi brand tersendiri yaitu Kendang Blitar.

Karena saking identiknya dengan Blitar, bahkan tak jarang kita temui produk kendang di toko oleh-oleh, termasuk gantungan kunci kendang.

Maka tak salah jika Kendang masuk menjadi salah satu komoditas yang sangat identik dengan Blitar.

5. Coklat

Sejak munculnya wisata edukasi Kampung Coklat yang terkenal di Blitar, produk coklat mulai identik dengan Blitar.

Di lapak-lapak online, mulai muncul produk coklat dengan brand Kampung Coklat Blitar dan itu menjadi daya tarik tersendiri.

Maka perlahan produk coklat pun jadi identik dengan Blitar, apalagi Kampung Coklat juga memproduksi sendiri coklatnya, memiliki kebun dan guide yang menjelaskan tentang proses pembuatan coklat dan lain sebagainya.

Maka, Kampung Coklat tidak hanya dianggap tempat wisata, tapi juga pembibitan coklat dan produsen coklat yang khas Blitar.

Red.b/ald

loading...

Post a Comment

0 Comments