Alamat

Jalan Trisula 32 Kademangan, Kabupaten Blitar./ Rumah Gendola Blitar. | Insight Blitar adalah media informasi, bukan produk Jurnalistik.

For you

Artikel Lainnya

Skip to main content

Cara Menentukan Jurusan Kuliah Bagi yang Masih Bingung

loading...

Menentukan jurusan apa yang akan kita ambil saat kuliah itu memang tak mudah. Karena saking banyaknya pilihan, juga biasanya karena banyaknya masukan atau usul dari orang lain.

Kuliah memang menawarkan banyak jurusan, berbeda waktu sekolah yang hanya jurusan IPA, IPS, atau Bahasa. Waktu kuliah jurusannya bisa bermacam-macam dan spesifik, termasuk bagi kalian yang sekolah di SMK.

Namun sebenarnya ada 3 langkah penting yang harus kamu lakukan sebelum memutuskan jurusan kuliah. Simak pemaparannya :

Pertama, kamu harus tahu tipikal dirimu sendiri. Secara umum ada dua jenis manusia, tipe adaptable dan tipe passionate.

Jika kamu tipe adaptable, maka ambil jurusan apapun, sekalipun itu rekomendasi orang tua, kamu tak akan keberatan.

Namun jika kamu tipe passionate, kamu harus tahu mana duniamu, jurusan apa yang bisa membuatmu nyaman. Karena tipe passionate itu sulit beradaptasi pada jurusan yang bukan dunia-nya.

Kedua, kesukaan pada jurusan tersebut. Kesukaan itu penting, karena itu akan memberimu motivasi lebih untuk kuliah, serta membuatmu mendapatkan nilai yang baik. Ini bisa menunjang karirmu kedepannya.

Ketiga, prospektable. Jujur saja, prospek kedepan itu penting. Mau bagaimanapun, ilmu yang kamu dapat saat kuliah itu akan berguna banget kalau bidang yang kamu jalanin prospektable.

Nah, tiga langkah di atas bisa menjadi hal yang kamu pertimbangkan untuk memilih jurusan perkuliahan.

Comments