Alamat

Jalan Trisula 32 Kademangan, Kabupaten Blitar./ Rumah Gendola Blitar. | Insight Blitar adalah media informasi, bukan produk Jurnalistik.

For you

Artikel Lainnya

Skip to main content

Tradisi Setiap Malam Jum’at Ranting Muhammadiyah Babadan Wlingi



Blitarmu – Warga Muhammadiyah Babadan Wlingi, Kabupaten Blitar, memiliki tradisi tersendiri setiap malam Jum’at, yaitu Kajian Tafsir Al Qur’an, atau yang biasa disebut Kamaju (Kajian Malam Jum’at).

Acara itu berlangsung di Masjid At Tauhid Muhammadiyah, Babadan Wlingi. Kajian dilaksanakan setelah shalat Magrib sampai awal Isya’, diikuti oleh jamaah dari ranting Babadan dan sebagian dari warga Muhammadiyah Gandusari.

Kajian dimulai dengan pembacaan ayat Al Qur’an yang akan dibahas hari itu, lalu pemateri menjelaskan kandungan, pengertian, dan pemahaman terhadap ayat-ayat tersebut, selanjutnya diakhiri dengan tanya jawab.

Kajian seperti ini diharapkan dapat memberikan penjelasan, sekaligus pemahaman tentang ayat Al Qur’an, sehingga bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, acara Kamaju ini sekaligus dalam rangka syi’ar Islam di Ranting Muhammadiyah Babadan, Kecamatan Wlingi.

Narasumber yang dihadirkan adalah Ustad Drs. Dudung Dumaedi, M.Ag selaku Wakil Ketua PDM Kabupaten Blitar. Di kalangan warga Muhammadiyah, Ustad Dumaedi memang pakar tafsir Al Qur’an, termasuk diantaranya Tafsir al-jalalain.
 
Jamaah Ibu-ibu
“Kegiatan ini sudah berlangsung selama tujuh tahun lebih, awalnya diikuti beberapa orang jamaah, hingga kini tak kurang dari 50 orang jamaah aktif mengikuti kajian,” jelas Umar Abidin, selaku pengurus Masjid tersebut. [red.b/fah]

Comments