Transportasi dari Stasiun Blitar ke Kampung Coklat





InsightBlitar.ID -Kampung Coklat menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat hits di Blitar, banyak orang dari luar kota tertarik untuk mengunjungi tempat tersebut, terutama para traveller yang biasa menggunakan jasa angkutan umum seperti kereta api.

Nah, kali ini kita akan mengulas transportasi apa jika hendak ke Kampung Coklat jika turun dari Stasiun Blitar?

Jarak stasiun ke Kampung Coklat

Stasiun Blitar masuk wilayah Kota Blitar, sementara Kampung Coklat berada di Desa Plosorejo yang sudah masuk wilayah Kabupaten Blitar. Meksipun demikian jarak keduanya masih terbilang dekat karena berbatas kecamatan.

Jarak dari Stasiun Blitar ke Kampung Coklat sekitar 9 KM, waktu yang ditempuh hanya sekitar 15 hingga 20 menit saja.

Selama ini, rata-rata pengunjung Kampung Coklat adalah rombongan keluarga baik kendaraan pribadi maupun travel. Mungkin sangat jarang yang memanfaatkan transportasi umum.


Pilihan transportasi apa saja?

Paling efektif dari Stasiun Blitar ke Kampung Coklat adalah jasa ojek online, bisa motor atau mobil jika lebih dari dua orang.

Biayanya bervariasi, namun biasanya ojek online bisa menggunakan voucer potongan yang tentu bisa lebih murah.

Jika naik ojek online motor, harganya sekitar Rp20.000, bisa kurang bisa lebih, mengingat harga ojol kadang berganti ganti.

Selain ojol, juga ada ojek konvensional yang sebenarnya bisa dinego harganya. Bahkan ada yang mau mengantarkan ke Kampung Coklat dengan biaya Rp15.000,-.

Jika ingin lebih menantang, ada transportasi umum berupa angkutan desa yang orang Blitar sendiri menyebutnya Kol Janggol.

Namun jumlahnya tak sebanyak dulu, itupun hanya melawati jalan searah Blitar-Gawang (arah Pantai Tambak) sehingga tak lewat depan Kampung Coklat.


Jika naik Kol Janggol harus turun kantor kelurahan Kademangan, dan masih harus menempuh sekitar 2 KM lagi menuju Kampung Coklat. Di sekitar kantor kelurahan dan Pasar Kademangan masih ada jasa becak yang bisa disewa menuju Kampung Coklat.

Oya, kalau naik Kol Janggol, dari Stasiun Blitar harus jalan kali dahulu ke barat lalu ke selatan hingga perempatan Kawi.

Opsi berikutnya ada jasa sewa motor atau mobil, jika kamu ingin mengeksplore sendiri wilayah Blitar enaknya memang sewa kendaraan.

Ada banyak jasa itu, cari saja di google jasa sewa motor mobil harian di Blitar. Akan muncul beragam jasa beserta variasi harganya.

Jika menyewa kendaraan, dari Stasiun Blitar ke Kampung Coklat bisa mampir ke banyak lokasi yang berdekatan dengan stasiun seperti Alun-alun Kota Blitar, Istana Gebang, Makam Bung Karno, lalu mutar ke arah Kampung Coklat.

Ya itulah sederet referensi jika kamu akan berkunjung ke Kampung Coklat dari Stasiun Blitar. Harap maklum karena Blitar terbagi wilayah antara Kota dan Kabupaten, serta transportasi publiknya juga tak begitu mendukung.

Ini menjadi keluhan banyak pengunjung ketika hendak ke tempat-tempat wisata di wilayah Blitar karena minimnya transportasi umum.

Selama ini, rata-rata wisatawan adalah rombongan travel atau keluarga dengan titik lokasi yang sudah menjadi paket kunjungan.

Kampung Coklat salah satu destinasi wisata yang paling digemari terutama dalam 5 tahun terakhir ini.

Red.b/YS

Artikel ini adalah karya peserta kelas menulis Insight Blitar
loading...

Post a Comment

0 Comments