5 Jajanan Sehat, Rekomendasi untuk Jajanan Anak-Anak






Banyak jajanan yang tidak sehat, seperti terlalu banyak mengandung tepung, minyak goreng, penyedap, hingga pengawet. Namun sebenarnya ada juga jajanan yang sehat, dan enak, yang bisa jadi rekomendasi untuk dijajakan di sekolah. Apa saja?

Salad buah
Salad buah termasuk jajanan sehat, karena campuran dari aneka buah yang tentu syarat akan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Agar lebih menarik, salad buah dicampur mayonase dengan topping keju atau coklat. Tetap enak dan sehat, kan?

Es kelapa
Dari semua jajanan jenis minuman, es kelapa sangat direkomendasikan. Kandungan elektrolitnya bisa menggantikan cairan tubuh. Kandungan bio enzim dalam air kelapa juga bisa memperbaiki sistem metabolisme dalam tubuh.

Jagung rebus
Selain enak dan bergizi, jagung rebus juga bisa menggantikan kebutuhan makanan pokok seperti nasi. Kandungan carotenoid dalam jagung bisa menyehatkan mata, juga mencegah terjadinya penyumbatan arteri, yang berdampak positif pada kesehatan jantung.
Manfaat lainnya sebagai antioksidan, serta kandungan asam folat, zat besi, B12 sangat berkhasiat mengatasi anemia. Jagung rebus juga adalah makanan yang direkomendasikan pada Ibu hamil untuk kesehatan calon bayi.

Bubur kacang hijau
Kacang hijau adalah salah satu makanan bergizi, bisa disajikan menjadi bubur. Kandungan protein baik, rendah lemak, dan banyak serat yang sangat baik untuk pencernaan. Selain itu juga mengandung kalsium, zat besi yang baik untuk tulang dan beragam vitamin seperti vitamin A, B, C, E dan K, folat, magnesium dan karbohodrat tentunya.

Sari Kedelai
Tubuh kita terpapar polusi dan sinar matahari, namun sari kedelai bisa memperbaikinya. Kandungan isoflavon bisa mencegah kerusakan sel diakhibatkan polusi dan paparan sinar matahari. Selain itu juga berfungsi mengurangi kolesterol jahat/LDL.

Pada perempuan yang sedang mengalami mestruasi, sari kedelai bisa mengurasi efek endometriosis, yang mengurangi rasa sakit selama periode menstruasi.

Nah, itu dia 5 jajanan sehat yang bisa direkomendasi sebagai menu jajanan anak-anak di sekolah. Tentu upaya untuk menyajikan jajanan sehat dan enak perlu digalakkan di tengah banyaknya jajajan kurang sehat yang beredar. Agar kebutuhan gizi anak tetap terpenuhi dengan jajanan sehat tersebut. (InsightBlitar)



loading...

Post a Comment

0 Comments