Paling Tidak, Prabowo Jadi Wantimpres






Sulit membayangkan andai Prabowo kemudian masuk dalam koalisi dan mejabat menteri atau menko, tentu dua jabatan itu kurang cocok untuk Prabowo Subianto. Jabatan Menteri terlalu teknis. Paling tidak ia mejabat Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

Posisi Wantimpres cukup realistis, karena umumnya Wantimpres dipilih berdasar ketokohan. Prabowo dari segi usia lebih senior dari Presiden terpilih, sekaligus punya kekuatan politik yang cukup besar.

Hasil pemilu 2019 misalnya menempatkan Gerindra, Partainya Prabowo, diurutan kedua, di bawah PDIP. Dari sisi figuritas, Prabowo adalah sosok yang paling mungkin mengimbangi bandul kekuasaan.

Jika Jokowi berhasil merangkul Prabowo dan membujuknya menjadi Wantimpres, tentu akan menjadi langkah politik yang cemerlang.

loading...
Namun baiknya Prabowo tetap berada di luar kekuasaan, dan aktif mengkritik kekuasaan. Prabowo dan segenap kekuasaan politiknya lebih efektif menjadi kekuatan di luar kekuasaan yang mengontrol setiap kebijakan dari pemerintah, yang dinilai tidak pro rakyat.

Apakah sikap yang akan diambil Prabowo? Apakah bergabung atau justru tetap berada di luar kekuasaan? Kita lihat saja.

Ulasan Redaksi
loading...

Post a Comment

0 Comments