2019, Blitar Punya Jalur Lintas Selatan



pitc : m.beritasatu




Blitarmu - Proyek Nasional berupa pembangunan JLS (Jalur Lintas Selatan) diperkirakan akan rampung tahun 2019. Salah satu daerah yang akan diuntungkan oleh adanya jalur lintas selatan tersebut adalah Kabupaten Blitar. Selain memudahkan untuk transportasi, bagian selatan Kabupaten Blitar sendiri memiliki banyak destinasi menarik yang belum terhubung satu dengan yang lain, seperti pantai-pantai.

Dikutip dari website resmi blitarkab.go.id, Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Blitar Harpiyanto Nugroho menjelaskan, pembangunan Jalur Lintas Selatan dengan Panjang 62,5 KM sudah dimulai dengan pembangunan 6 jembatan dari total 22 jembatan, sementara untuk pengerjaan fisik jalan 70% ruas jalan baru dalam tahap pembuatan teras jalan atau perataan tanah sebelum di padatkan walaupun sudah ada beberapa kilometer yang di Makadam.

Lebih lanjut, Harpiyanto mengatakan, total dana yang dikucurkan Pemerintah Pusat untuk pembangunan JLS di Kabupaten Blitar saja mencapai 1 Triliun lebih, dan harus rampung pada 2019 mendatang. Proyek pembangunan JLS sendiri akan dikerjakan dengan sistem multi years. Sementara pembebasan tanah milik warga sudah selesai, sedangkan tanah milik perhutani juga sudah selesai dengan status pinjam pakai sementara.

Jalur lintas selatan akan lebih memangkas waktu tempuh. Selama ini, jika ingin menuju daerah selatan, fasilitas jalan menjadi kendala utama. Misalkan dari serang ingin ke tambak rejo, harus memutar ke utara dulu. Dengan dibangunnya jalur lintas selatan, maka akses akan lebih mudah. Tidak saja antar daerah di Kabupaten Blitar, namun juga daerah lain seperti Kabupaten Malang. []
loading...

Post a Comment

0 Comments