Alamat

Jalan Trisula 32 Kademangan, Kabupaten Blitar./ Rumah Gendola Blitar. | Insight Blitar adalah media informasi, bukan produk Jurnalistik.

For you

Artikel Lainnya

Skip to main content

Cara Meminjam Buku di Perpustakaan Bung Karno dan Informasi Menjadi Anggota/Pemustaka


BLITAR- Perpustakaan Bung Karno adalah UPT Perpustakaan Nasional yang berada di daerah, yaitu di Jalan Kalasan No. 1 Kota Blitar.

Perpustakaan ini dibangun tak jauh dari lokasi Makam Bung Karno dan menjadi destinasi wisata yang terintegrasi. Koleksi bukunya pun cukup banyak mulai dari Koleksi Umum, Koleksi Khusus, Koleksi Anak dan Remaja, Koleksi Memorabilia, hingga Buku Digital.

Namun kalian sudah tahu belum sih bagaimana cara meminjam buku di Perpustakaan Bung Karno? Yuk kita ulas.

Untuk bisa meminjam buku, tentu harus menjadi anggota Perpustakaan Bung Karno atau bahasa kerennya menjadi Pemustaka. Nah, daftar menjadi pemusataka itu mudah dan gratis lho. Berikut caranya:

1. Kamu datang ke Perpustakaan  Proklamator Bung Karno, di lantai 1 nanti ada beberapa bagian layanan, kamu merapat saja ke bagian keanggotaan dan bilang mau daftar sebagai anggota.

2. Nanti akan diminta mengisi formulir yang harus kamu isi sesuai identitas. Bisa KTP, Kartu Pelajar dan KIA.

3. Petugas akan mengecek informasi yang telah kamu isi dengan KTP/KIA/fotokopi KK yang digunakan ketika mengisi form pendaftaran. Jika sesuai dilanjutkan dengan sesi foto.

4. Jika sudah sesuai kamu akan diminta masuk ruangan untuk difoto dan diminta menunggu sebentar hingga kartu jadi.

5. Tak berapa lama kartu kamu sudah jadi dan bisa digunakan untuk meminjam buku. Kartu anggota perpustakaan berlaku seumur hidup dan kamu bisa meminjam maksimal 2 buku ya.


***

Masa pinjam buku ada 7 hari atau 1 minggu, kamu bisa memperpanjangnya via whatsapp Perpustakaan Bung Karno.

Jika terlambat mengembalikan kamu akan dikenai skorsing berupa tidak boleh meminjam sesuai waktu yang telah ditentukan.

Belakangan Perpustakaan Bung Karno memberikan apresiasi bagi Pemustaka terbaik lho, jadi ini semakin membuatmu semangat untuk meminjam buku, kan?

Selain gedungnya yang bagus dan nyaman, koleksi bukunya juga banyak lho, dari lantai 1 dan 2 semua bisa kamu pinjam terutama buku Koleksi Umum, lebih dari 180.000 eksemplar. Waw!

Fasilitas tempat bacanya juga asyik, bersih, adem karena pakai AC, dan full wifi. Selain baca buku, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk co-working space atau mengerjakan tugas sekolah/kuliah.

Jika bosen di dalam, kamu bisa keluar untuk menikmati kopi dan sajian dari Waroeng Kusno, tapi bayar sendiri ya.

Seluruh kegiatan mulai dari keanggotaan, peminjaman dan pengembalian ada di lantai 1, jadi lebih praktis dan mudah. Semuanya serba gratis, parkirnya pun gratis.

Jangan lupa untuk menitipkan tas dan jaket di penitipan sebelum masuk, ada fasilitas hand bag jika kamu membawa cukup banyak barang bawaan seperti buku dan laptop.

Setelah masuk, jangan lupa isi absensi lewat dua komputer yang telah disediakan. Jika kamu sudah menjadi anggota cukup masukkan nomor anggota dan otomatis datamu terekam disitu, lalu klik simpan.

Selamat berkunjung ke Perpustakaan dan selamat membaca buku-buku yang ada di sana ya.
OPAC Online bisa diakses via HP dan PC, jadi bisa dilakukan di rumah dan ketika di lokasi tinggal mencari nomer panggil buku yang dituju.


Red.IB

Comments