Alamat

Jalan Trisula 32 Kademangan, Kabupaten Blitar./ Rumah Gendola Blitar. | Insight Blitar adalah media informasi, bukan produk Jurnalistik.

For you

Artikel Lainnya

Skip to main content

10 Tempat Nongkrong Suasana Jadul di Blitar


Kata kunci: Jaman dulu, vintage, tradisional


WISATA KULINER di Blitar berkembang cukup pesat seperti halnya daerah lain di Indonesia, termasuk tumbuhnya kafe dan resto dengan konsep jaman dulu (jadul).


Kafe dan resto dengan suasana jaman dulu tersebut memberikan suasana berbeda, apalagi didukung dengan cita rasa masakan tradisional yang enak di lidah.


Di antara kafe dan resto tersebut ada yang berkonsep joglo, bangunan lawas, vintage hingga etalase seni.


Insight Blitar merekomendasikan sepuluh tempat nongkrong bergaya jadul yang bisa kamu kunjungi jika datang ke Blitar.


Nyambung Janji


Resto yang terletak di Jalan Kali Brantas No.30, Kauman, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur ini menyajikan suasana tradisional yang khas dengan konsep joglo dan area pinggir sawah.


Menu yang ditawarkan juga menu tradisional dengan harga yang cukup terjangkau. Ada banyak pilihan spot tempat duduk yang menawarkan kesan berbeda.


Lokasinya di area kota yang tak jauh dari tempat-tempat terkenal seperti Masjid Ar Rohman, Makam Bung Karno, Water Park Sumber Udel, Istana Gebang dan lain sebagainya.


Cangkruan Ningsih


Kafe ini terletak di Jl. Sultan Agung No. 90, Sananwetan, Kec. Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur.


Lokasinya terletak di area kota, samping MI Purwanida, masuk jalan tembusan. Kafe ini menawarkan suasana vintage yang unik. Menunya pun sangat terjangkau.


Sambil nongkrong, kita bisa melihat barang-barang antik di sekitar, serta suasana rumah jaman dulu yang khas. Terlebih jika nongkrongnya sore hari.


Lembayung Senja


Kafe dan resto ini terletak di Jl. S. Supriadi No.217, Gedog, Kec. Sananwetan, Kota Blitar. Dekat dengan perbatasan Kabupaten Blitar di sisi timur.


Kafe ini dimiliki oleh seorang seniman dengan konsep sanggar seni. Area bangunan joglo di kelilingi beragam lukisan.


Berlokasi persis di samping jalan raya, namun juga menawarkan suasana jadul yang estetik, apalagi ada kolam ikan di sekitarnya.


Rumah Makan Joglo


Kita sedikit begeser ke selatan, yaitu adalah Rumah Makan Joglo yang terletak di Jalan Maluku No.59, Karangtengah, Kanigoro, Selatan, Kuningan, Kec. Kanigoro, Kabupaten Blitar.


Meski berlokasi di kabupaten, tempat ini masih relatif dekat dengan pusat kota. Lokasinya begitu luas dengan bangunan utamanya berupa joglo.


Ada juga variasi lain seperti tempat duduk outdoor dan spot bawah pohon yang unik. Suasananya cukup asri yang cocok untuk bersantap bersama keluarga.


Titik Balik (Tibal)


Titik Balik kafe atau biasa disebut Tibal adalah kafe yang berlokasi di bangunan lawas, terletak di Jl. Sultan Agung No.94, Sananwetan, Kec. Sananwetan, Kota Blitar.


Bangunan tua ini adalah milik keluarga Wakil Presiden Indonesia ke-11, Prof. Dr. Boediono. Gaya rumah lama dengan halaman yang luas masih terlihat. Di dalamnya ada beberapa foto keluarga yang masih terpajang.


Untuk menunya, Tibal Coffee cenderung kekinian banget, rata-rata pengunjungnya pun adalah anak muda. Namun kesan jadulnya masih cukup terasa, apalagi jika mengambil spot dalam.


New De Koloniale, 

Resto and Coffee


Sempat tutup karena pandemi, resto yang terletak di Jl. Tanjung No.54, Sukorejo, Kec. Sukorejo, Kota Blitar ini kembali buka dengan konsep New De Koloniale.


Berada di bangunan lawas di pusat kota, suasana nongkrong di tempat ini jadi terasa jaman dulu banget. Apalagi di bagian belakangnya.


Beberapa ruangnya seperti kamar dan tempat kerja, bangunannya masih kokoh dengan atap tinggi layaknya rumah orang kaya di zaman kolonial.


Luweng Lempung Heritage



Tempat ini berlokasi di Jl. Muara Takus No.11, Gedog, Kec. Sananwetan, Kota Blitar. Suatu bangunan jadul di tengah sawah.


Meski mengusung konsep heritage, kafe dan resto ini juga menawarkan menu modern. Lokasinya yang masih di area kota namun jauh dari keramaian.


Tempat yang asyik buat bersantai dengan keluarga seperti berada di rumah sendiri, tentu dengan model bangunan semi jadul.


Orion Bakery


Meski sudah terlihat modern, Toko Roti Orion masih punya vibes jadul karena bangunannya yang melegenda di area Jalan Merdeka.


Berlokasi di Jl. Merdeka No.115, Kauman, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar, yang tak jauh dari Alun-alun Kota Blitar, tempat ini memang menawarkan roti sebagai produk andalan.


Namun tak hanya itu, ada menu lain seperti kopi dan aneka camilan yang bisa dinikmati di lokasi sambil menikmati suasana heritagenya ya kan?


The Colony Restaurant


The Colony Restaurant terletak di dalam Hotel Tugu Blitar yang menawarkan suasana khas zaman dulu, terutama era Belanda.


Berlokasi di Jl. Merdeka No.173, Kepanjen Kidul, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar, suasana bangunannya masih dipertahankan seperti bangunan era lama.


Ketika Bung Karno masih menjadi Presiden, tempat ini menjadi lokasi menginap favorit ketika berkunjung ke Blitar. Hingga sekarang menjadi destinasi penginapan utama tamu-tamu penting atau pejabat dari Jakarta.


Keboen Kopi Karanganjar


Salah satu tempat jadul yang sangat terkenal di Blitar, berlokasi di Perkebunan Kopi Karanganjar, Karanganyar Timur, Modangan, Nglegok, Kabupaten Blitar.


Lokasinya cukup jauh jika dari pusat kota, namun menawarkan suasana yang menarik karena berada di lereng gunung dan area perkebunan kopi serta durian.


Jika ke Blitar dan ingin berkunjung ke sini ada baiknya menyiapkan waktu khusus, karena ada banyak tempat yang bisa dikunjungi mulai dari museum, kebun, hingga berbelanja kopi dan menikmati suasana nongkrong yang jaman dulu banget.


Berikut 10 rekomendasi tempat nongkrong susasana jadul di Blitar yang memberikan keunikan tersendiri, selain dari daftar 10 di atas tentu masih ada lainnya yang bisa anda temukan.

Red.b/fa

Comments