Mengenal Sam Ratulangi





Dr. Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi (lahir di Tondano, Sulawesi Utara, 5 November1890 – meninggal di Jakarta, 30 Juni 1949 pada umur 58 tahun), atau lebih dikenal dengan nama Sam Ratulangi adalah seorang politikus, jurnalis dan guru dari Sulawesi Utara,Indonesia.

Ia adalah seorang Pahlawan Nasional Indonesia.
Ratulangi juga sering disebut sebagai tokoh multidimensional.Ia dikenal dengan filsafatnya: 

"Si tou timou tumou tou" yang artinya: manusia baru dapat disebut sebagai manusia, jika sudah dapat memanusiakan manusia.

Ratulangi termasuk anggota Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia yang menghasilkan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia dan merupakan Gubernur Sulawesi pertama.

Pada bulan Agustus 1961,Ratulangi secara anumerta dianugerahi gelar Pahlawan Nasional Indonesia oleh Soekarno.

Ia juga menerima secara anumerta Bintang Gerilyapada tahun 1958,Bintang Mahaputra Adipradana pada tahun 1960 dan Bintang Satyalancana pada tahun 1961.

Ratulangi sangat terkenal di Minahasa.Jalan-jalan besar atau utama di semua kota di Minahasa (Bitung,Manado,Tomohon dan Tondano) diberi nama Jalan Sam Ratulangi.

Namanya juga dipakai untuk bandar udara internasional Manado seperti halnyauniversitas negeri di Manado.

Patung-patung tentang Ratulangi terdapat di persimpangan antara Jalan Sam Ratulangi dan Jalan Bethesda di Manado,di kampus Universitas Sam Ratulangi,di samping makam Ratulangi di Tondano,di Jakarta dan Serui dan bahkan di sebuah taman kota di Davao (Filipina) yang terletak di utara pulau Sulawesi.

Pada tahun 2016, Kementerian Keuanganmengeluarkan uang baru seri 2016 di mana pecahan Rp 20.000 menggambarkan Ratulangi di bagian depan.

📖 wiped
loading...

Post a Comment

0 Comments