Jenis-jenis Blogger di Indonesia (lanjutan)




Inilah jenis-jenis blogger di Indonesia.

1. Diary blogger

Ketika mulai dikenal pada era 90-an, blog memang identik dengan diary virtual. Artinya menuliskan cerita sehari-hari.

Hingga sekarang, hal itupun masih berlanjut, bahkan mungkin jumlahnya masih paling banyak. Blog jadi sarana mengungkapkan perasaannya.

Karena cerita sehari-hari, maka pemilihan diksinya pun juga lebih bebas dan menggunakan bahasa percakapan sehari-hari.

2. Tips&Tutorial blogger

Berbeda dengan diary blogger yang ngeblog sekadar just for fun, Tips Blogger lebih mengkhususkan konten seputar tips-tips dan tutorial. 

Umumnya mereka pro-blogger yang menguasai SEO dan teknik blogging, yang memang menjadikan blog sebagai sumber pendapatan/income dari iklan Adsense atau iklan lainnya.

Karena itulah mereka memilih membuat konten-konten yang banyak dicari oleh masyarakat, konten Tips&Tutorial adalah salah satu yang paling banyak dicari.

3. Food blogger

Salah satu blogger yang mengulas tentang makanan, karenanya disebut food blogger.

Namun tidak hanya mengulas soal apa yang dimakan, melainkan mereka memang expert dalam bidang makanan dan umumnya adalah seorang top reviewer.

Di beberapa negara bahkan ada sertifikat khusus yang diberikan kepada food blogger. Mereka melakukan riset dan perbandingan makanan satu dan lainnya, sehingga hasil reviewnya sangat dipertimbangkan oleh customer maupun pemilik usaha kuliner.

4. News blogger

Apakah news blogger adalah seorang jurnalis? Tidak selalu, mereka tetaplah seorang blogger, hanya saja punya spesifikasi konten pada berita/news.

Namun bedanya dengan jurnalis, mereka memainkan re-writing atau menulis ulang dari situs-situs berita online maupun cetak.

Re-write bukan plagiat, ada tekniknya tersendiri melakukan re-writing dengan tetap mencantumkan sumber rujukan atau sumber utama informasi tersebut.

Banyak yang menyebut news blogger sebagai lazy journalism karena tidak turun lapangan dan hanya menulis ulang dengan bahasa sendiri.

Meski demikian news blogger umumnya memang suka pada isu atau berita terkini yang terjadi di masyarakat.

Mereka tergolong pro-blogger karena mendapatkan penghasilan dari iklan adsense ataupun iklan konvensional.

5. Scientist Blogger

Bisa juga disebut blogger ilmuan. Misalnya begini, ada seorang mahasiswa psikologi yang menjadikan psikologi menjadi konten dalam blognya.

Tidak harus mahasiswa, misalnya anda bukan mahasiswa namun tertarik untuk membahas topik tertentu, mencari literatur untuk tulisan dengan serius, juga masuk dalam bentuk scientist blogger.

Intinya, scientist blogger adalah mereka yang fokus pada satu disiplin ilmu tertentu. Mereka umumnya sangat menyukai bidang itu sehingga terasa sangat menyenangkan.

Meskipun demikian, ternyata ada banyak pembaca spesifik yang setia membaca konten dari scientist blogger. 

Ada banyak contoh yang bisa diambil seperti dosen filsafat yang membuat konten-konten filsafat, atau olahragawan yang setia membuat konten-konten kesehatan.

Jika kamu termasuk seseorang yang punya minat tinggi pada satu bidang, tak ada salahnya menjadikannya konten, bukan?

6. Travel blogger

Nah, kalau yang ini mungkin sudah familiar. Ya, Travel blogger yang kontennya mengulas perjalanan ke suatu tempat, review lokasi dan sekaligus sedikit mengungkap sisi historisnya.

Meski terkesan hanya "jalan-jalan", namun Travel blogger termasuk pro blogger yang memang punya keahlian khusus mengulas perjalanan lho, jadi tak sekadar menceritakan perjalanannya namun juga ada reportasenya dan malah risetnya juga.

Mereka bahkan kerap mendapatkan jobs untuk melakukan perjalanan atau menjelajah suatu tempat dan lokasi tertentu.

7. Special reviewer blogger

Pernah kan kalian baca blog yang isinya hanya mengulas buku, atau mengulas produk. Intinya ya mengulas sesuatu gitu deh.

Ya itulah special reviewer blogger yang memang kerap dapat jobs untuk mengulas barang. Semacam endorse namun dalam bentuk tulisan.

Terkesan gampang namun ada tekniknya lho, karena blogger berbeda dengan instagram, jadi dalam dunia blog dikenal istilah copy writing bagaimana review itu sekaligus punya "daya jual".

Namun gak semua review karena ada jobs kok, banyak juga mereka yang mereview karena hobi dan mendapatkan penghasilan dari iklan adsense.

Nah itu dia jenis-jenis blogger berdasar konten yang mereka sajikan. Apakah kamu sudah ada ide untuk blogmu?




loading...

Post a Comment

0 Comments