H.O.S. TJOKROAMINOTO "BAPAK BANGSA"





"Setinggi-tinggi ilmu, semurni-murni tauhid, sepintar-pintar siasat." 

H. O. S. Tjokroaminoto atau yang bernama lengkap Raden Mas Haji Oemar Said Tjokroaminoto adalah seorang tokoh yang disebut sebagai Bapak Bangsa Indonesia karena merupakan guru dari banyak Tokoh Indonesia, seperti Sukarno, Semaoen, Musso, hingga Maridjan Kartosoewirjo. 

H. O. S. Tjokroaminoto aktif terlibat dalam pergerakan bangsa, antara lain pernah menjadi ketua Partai Syarikat Islam (PSI) dan Partai Sarikat Islam Indonesia (PSII). 

Tjokroaminoto lahir dari keluarga kyai dan ulama Ponorogo, sehingga bisa dikatakan beliau berasal dari keluarga yang status sosialnya tinggi.

Tjokroaminoto lahir di Madiun tahun 16 Agustus 1882. Lahir dari keluarga seorang wedana, tidak membuat Tjokroaminoto lantas tinggal bersama orang tuanya. Tjokroaminoto memilih hijrah ke Surabaya tahun 1907. Beliau kemudian tinggal di Jalan Peneleh, Surabaya bersama anak dan istrinya. Tjokroaminoto memiliki lima anak hasil perkawinannya dengan Soeharsikin. 

Tjokroaminoto kemudian aktif berorganisasi dengan ikut mendirikan Sarekat Islam, dan kemudian memimpin Sarekat Islam Surabaya dari tahun 1912 hingga 1934. 

Tjokroaaminoto wafat tanggal 17 Desember 1934, dan atas jasa-jasanya, beliau dianugrahkan sebagai Pahlawan Nasional di tahun 1961.

#ArsipHariIni
#PameranVirtualANRI
#Tjokroaminoto
#PahlawanNasional

#SejarahIndonesia.
loading...

Post a Comment

0 Comments