Alamat

Jalan Trisula 32 Kademangan, Kabupaten Blitar./ Rumah Gendola Blitar. | Insight Blitar adalah media informasi, bukan produk Jurnalistik.

For you

Artikel Lainnya

Skip to main content

FUNGSI IDEOLOGI MUHAMMADIYAH

FUNGSI IDEOLOGI MUHAMMADIYAH

Dr.KH. Haedar Nashir, M.Si (Penulis dan Ketua Umum PP Muhammadiyah)

Sebagai sistem atau paham gerakan, ideologi dapat difungsikan sebagai berikut:

Pertama, ideologi dapat memberi arah dan penjelasan mengenai sistem paham kehidupan yang dicandranya berdasarkan paham agama (islam) yang dianutnya serta bagaimana seluruh warga muhammadiyah bertindak berdasarkan sistem paham tersebut

Kedua, dengan ideologi maka Muhammadiyah dapat mengikat solidarits kolektif (ukhuwah gerakan, dalam makna longgar ashabiyyah sebagaimana konsep ibnu khaldun), yang berfungsi untuk mempertahankan ikatan ke dalam dan menghadapi tantangan hingga ancaman dari luar

Ketiga, Ideologi Muhammadiyah dapat membentuk karakter orang muhammadiyah secara kolektif sebagaimana tercantum dalam Kepribadian Muhammadiyah serta Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah(PHIWM), yang mengandung berbagai sifat orang dan pola tindak yang harus dimiliki dan diimpelementasikan dalam kehidupan warga Muhammdiyah.

Keempat, melalui ideologi muhammadiyah menyusun strategi dan langkah-langkah perjuangan sebagaimana khittah yang selama ini menjadi acuannya, sehingga gerakannya tersistem dan terarah dalam satu sistem gerakan persyarikatan.

Kelima, dengan ideologi maka muhammadiyahdapat mengorganisasikan dan memobilisasi anggota, kader dan pimpinannya dalam satu sistem gerakan untuk melaksanakan usaha-usaha dan mencapaia tujuan dalam barisan yang kokoh, tidak berjalan sendiri-sendiri dan tidak centang perentang.

Betapapun kecil sebuah gerakan, tetapi manakala memiliki ikatan ideologi yang kuat, maka gerakannya selain tersistem juga solid dan kokoh dalam menjalankan usaha-usaha perjuangannya.
______
Pustaka:
Nashir, Haedar, “Meneguhkan Ideologi Gerakan Muhammadiyah”,Malang, UMM Pres. 2007

_____________
pencari data:
Khabib Mulya Ajiwidodo
(Sekretaris Mejelis Pendidikan Kader (MPK) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Blitar)


Comments