4 Kerajaan Besar Berpusat di Jawa Timur

loading...

loading...


Daerah Jawa Timur menyimpan nilai sejarah yang penting, karena 4 kerajaan besar pada masanya berpusat di 4 titik yang sekarang menjadi wilayah administratif Provinsi Jawa Timur. Sementara beberapa kerajaan bawahan tersebar ke beberapa titik seperti di wilayah Jawa Tengah. Kerajaan besar mana saja yang berpusat di Jawa Timur?
Pertama adalah Kerajaan Janggala, atau dikenal juga dengan nama Kahuripan dan Jiwana. Kerajaan ini berdiri dari tahun 1037 hingga 1050 Masehi. Letaknya, jika melihat peta wilayah saat ini, antara Mojokerto, Sidoarjo, dan Surabaya. Lokasi kerajaan ini sangat strategis karena tak jauh dari pantai utara.
Kedua adalah Kerajaan Panjalu, atau dikenal juga dengan nama Kadiri dan Dhaha yang eksis antara tahun 1050 hingga 1222 Masehi. Lokasinya berada di wilayah yang saat ini bernama Kediri. Makanya ada yang menyebut nama Kadiri, mengambil sebutan pada masa itu.
Di Kediri juga terdapat suatu tempat bernama Doho/Dhaha, yang kini menjadi jantung perekonomian dengan deretan toko-toko besar sebagai pusat perbelanjaan. Itu diambil dari nama Dhaha yang pernah menjadi Kerajaan besar pada masanya, dan melahirkan tokoh terkenal bernama Jayabaya.
Ketiga adalah Kerajaan Singhasari atau disebut juga Tumapel. Kerajaan yang didirikan Ken Arok ini berpusat di wilayah yang sekarang bernama Singhasari, Malang, yang di sana juga terdapat Candi dengan nama yang sama. Nama Singhasari dan Ken Arok terkenal di Malang. Kerajaan ini muncul pada 1222 dan bertahan hingga 1292.
Singhasari berdiri dengan menaklukkan beberapa kerajaan lain, yang akhirnya menjadi bawahannya, termasuk kerajaan Kadiri. Selain itu Kerajaan Lumajang dan Madura juga pernah menjadi kerajaan bawahan dari Singhasari.
Berikutnya, adalah Kerajaan Majapahit, yang juga memiliki nama lain Wilwatikta. Di antara 3 Kerajaan sebelumnya, Majapahit bisa disebut paling besar. Bahkan Kerajaan Singhasari akhirnya tunduk pada kekuasaannya. Majapahit eksis antara tahun 1293-1468. Dari beberapa sumber yang ada, pusat Majapahit waktu itu ada di daerah yang disekarang bernama Trowulan, Mojokerto.
Selain Rajanya yang kesohor, Majapahit juga memiliki Patih terkenal yang bernama Gajah Mada. Ada banyak kerajaan yang takluk di bawah Majapahit, yang tidak hanya berlokasi di Jawa Timur. Tercatat beberapa Kerjaan antara lain Pajang, Lasem, Jagaraga, Wengker, Matahun, Keling, Mataram, Kediri, dan Singhasari.
Jejak dari 4 Kerajaan besar tersebut tentu bisa menjadi situs sejarah dan menjadi warisan bagi Bangsa Indonesia, khususnya masyarakat Jawa Timur. Pemahaman sejarahnya harus lebih diperkuat.

Komunitas Muara Baca
sumber foto : Malangtimes


loading...

Post a Comment

0 Comments