Awas! Banyak Kuman dan Virus di Bantal-Guling Kita






Mungkin kita tak cukup memikirkan bahwa ancaman penyakit justru datang dari benda-benda yang setiap hari kita sentuh, dan melekat dalam keseharian kita. Seperti bantal dan guling.

loading...
Hal ini semakin parah karena bantal dan guling berada pada suhu kamar yang membuat kuman dan virus hidup nyaman. Lalu bagaimana jika kuman dan virus itu masuk ke tubuh kita? Wah bisa gawat.

Resiko lainnya adalah kutu rambut, masalah pada kulit, hingga pernafasan.

Namun tak perlu khawatir, kita bisa mulai hidup sehat, dengan rutin mencuci sarung bantal dan guling, juga rutin menjembur bantal-guling. Ini bukan hal sulit.

Upayakan mencuci sarung bantal-guling 3 hari sekali, serta menjembur bantal-guling 2 hari sekali. Tak perlu lama, kadang cukup 5-10 menit saja di bawah sinar matahari antara jam 11.00-12.00. Itu sudah cukup untuk membunuh kuman dan virus pada bantal-guling.

Selain bantal-guling, yang rutin harus dijemur juga adalah handuk. Handuk adalah benda yang paling sering terkena basah namun paling jarang kita cuci, sehingga bisa dibayangkan betapa banyak bakteri dan mungkin virus yang menempel.

Maka mulai sekarang rajinlah mencuci sarung bantal-guling, serta menjemur bantal-guling demi kesehatan kita. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini.

Salam sehat selalu. (insightblitar)


loading...

Post a Comment

0 Comments