Tata Jadwal Shalatmu, Agar Allah Menata Hidupmu

loading...

loading...


Bagi seorang muslim, shalat 5 waktu adalah sebuah kewajiban yang harus dijalankan. Namun jika direnungi lebih dalam, shalat bukan hanya soal kewajiban. Ada nilai hidup yang bisa dipetik.

Pertama, shalat mengajarkan kedisiplinan dan keistiqomahan. Kita dilatih untuk disiplin dan istiqomah dalam 5 waktu sehari, pada jam yang sudah ditentukan. Begitupun dengan hidup, yang harus istiqomah dan disiplin.

Kedua, berwudhu sebelum shalat mengajarkan pentingnya membersihkan diri dalam hal apapun. Suatu kesadaran spiritual bahwa bagian tubuh sering melakukan kesalahan dan karena itu harus senantiasa dibersihkan.

loading...
Ketiga, belajar untuk selalu ingat bahwa hidup ini sementara. Maka shalat adalah me time terbaik. Bahkan ketika tenggelam dalam kesibukan duniawi, shalat mengajarkan untuk selalu ingat akhirat. Mengingatkanmu bahwa kehidupan dunia itu sementara.

Maka saat kita terperdaya untuk memupuk harta sebanyak-banyaknya, bahkan dengan jalan yang kurang baik bahkan dilarang agama, selalu ingat jika dunia ini sementara. Shalat membuat hati kita lebih terarah.

Maka yakinlah, jika kita menata jadwal shalat kita dengan baik, maka Allah akan menata hidup kita, memberikan ketenangan dan kedamaian dalam hati, dan kita menjalani hidup dengan bahagia. (Red)
loading...

Post a Comment

0 Comments