5 Trik Agar Tagihan Listrikmu Lebih Hemat

loading...

loading...


Kadang kita tak menyadari jika mahalnya tagihan listrik bukan selalu karena penggunaan, melainkan telah terjadi beberapa hal yang membuatnya boros. Sedihnya, sering kita tidak menyadarinya. Lantas bagaimana agar penggunaan listrik kita lebih hemat? Berikut triknya.
Ganti kabel terkelupas
Kabel yang terkelupas membuat aliran listrik merembet keluar, dan itu sangat merugikan karena sama halnya membuang energi dengan percuma. Coba anda amati, adakah jaringan kabel yang terkelupas? Sebaiknya diganti, atau minimal menutupnya dengan isolasi hitam.
Semakin banyak kabel yang terkelupas, maka semakin banyak listrik yang terbuang. Selain itu juga bisa berbahaya. Pernahkah anda tersengat listrik saat menyentuh tembok atau perabot non kayu lainnya? Itu tandanya ada listrik yang bocor, salah satunya karena kabel yang terkelupas.
Jangan terlalu lama membuka kulkas
Anda mungkin tak menyadari, bahwa membuka kulkas terlalu lama bisa menyebabkan listrik boros? Kulkas merubah energi listrik menjadi dingin, sehingga dingin yang dihasilkan oleh kulkas adalah energi yang telah dikonversi dari listrik.
Gunakan setrika sekali waktu
Sama dengan lemari es, seterika merubah listrik menjadi energi panas. Maka lebih baik gunakan sekali waktu, jangan terlalu sering. Gunakan sekali waktu untuk menggosok pakaian dalam jumlah banyak sekaligus. Ini sangat menghemat, karena hitungan energi listrik yang dikonversi menjadi energi panas itu hitungannya sekali angkatan, sederhananya, digunakan satu menit atau satu jam, hitungannya sama.
Lepas charger hp jika sudah selesai
Kebiasaan banyak orang, sering charger hp dibiarkan menancap, sekalipun tidak sedang mencharge. Ini sebenarnya sangat boros. Mungkin banyak yang mengira jika energinya tidak tersalurkan, namun bisa jadi justru energinya keluar percuma seperti analogi kabel yang terkelupas tadi.
Meskipun adaptor charger tidak terasa panas, namun ketahuilah bahwa panas pada charger disebabkan karena adanya tekanan balik dari ponsel. Maka, ketika tidak sedang mencharge, listrik tetap tersalurkan namun keluar ke “alam bebas”. Meskipun watt-nya sangat kecil, tetapi tak masalah kan jika untuk berhemat?
Ganti dengan lampu hemat energi
loading...
Sekarang sudah banyak lampu yang lebih terang, namun lebih hemat energi. Maka tak ada salahnya anda ganti lampu-lampu penerangan model lama yang boros, dengan lampu-lampu yang lebih hemat energi.
Karena penerangan adalah kebutuhan primer pada malam hari, maka mengganti dengan lampu hemat energi tentu sangat berdampak pada penghematan listrik.
Jika 5 trik di atas sudah anda lakukan, selanjutnya coba anda bandingkan tagihan sesudah dan sebelumnya. Atau jika listrik anda prabayar, maka coba hitung dengan jumlah Kwh, bisa bertahan berapa hari sesudah dan sebelum menjalankan trik ini. selamat mencoba.
loading...

Post a Comment

0 Comments