Yuk Ikutan! IMM Blitar Akan Gelar Ziarah Kebangsaan





Blitar – Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Cabang Blitar saat ini tengah menggodok sebuah agenda menyambut Kemerdekaan Republik Indonesia. Agenda itu bertajuk Ziarah Kebangsaan, yang rencana akan digelar tepat pada peringatan hari kemerdekaan, 17-18 Agustus 2019.
Perpustakaan Bung Karno

Ziarah Kebangsaan bertema Menghidupkan Kembali Gagasan Kebangsaan Bung Karno berisi rangkaian kegiatan, antara lain kunjungan ke tempat bersejarah di Blitar, Ngopi Kebangsaan, dan Dialog Interaktif. Beberapa lokasi yang akan didatangi antara lain Perpustakaan, Museum, dan Makam Bung Karno, Istana Gebang, Monumen PETA, Museum Potlot, dan lain sebagainya.
Istana Gebang, rumah masa kecil Bung Karno

“Agenda ini bertujuan untuk lebih mengenalkan gagasan dan pemikiran Bung Karno kepada kader-kader IMM. Apalagi, Blitar adalah bumi Bung Karno, yang bisa menjadi rujukan bagi masyarakat Indonesia untuk belajar tentang sejarah, gagasan dan pemikiran Bung Karno,” Ujar Ahmad Fahrizal Aziz, salah satu penggagas nama acara tersebut.
Monumen PETA, sumber foto : Mayangkaranews

Untuk menjalankan agenda besar ini, IMM Blitar akan menggandeng Perpustakaan Bung Karno, dan didukung secara penuh oleh Paguyuban Srengenge dan Komunitas Muara Baca yang selama ini concern dalam mengkaji gagasan dan pemikiran Bung Karno.

Pendaftaran akan dimulai pada 22 Juli 2019 hingga 13 Agustus 2019, dan bisa diikuti oleh kader IMM se-Indonesia baik dari komisariat, Cabang, atau DPD IMM.

“Karena ini masih pertama digelar dan agar acara berjalan efektif, maka sementara peserta dibatasi 25 hingga 30 orang, sehingga bagi yang ingin mengikuti harus cepat mendaftar. Pendaftaran akan ditutup lebih awal jika kuota sudah memenuhi,” Ujar Immawan Candra Setyawan, selaku ketua pelaksana.

Sosok Bung Karno sangat identik dengan Blitar, apalagi Proklamator Republik Indonesia itu dimakamkan di desa Bendogerit, Kota Blitar. Bung Karno juga sosok sentral kemerdekaan bangsa Indonesia, karena bersama Moh. Hatta menjadi wakil bangsa Indonesa sekaligus Presiden pertama Republik Indonesia. Maka, peringatan kemerdekaan tanpa membicarakan sosok Bung Karno terasa sangat hambar.
area sekitar makam Bung Karno. sumber foto : Traveling Yuk

“Yang menarik juga, sosok Bung Karno juga sangat dekat dengan Muhammadiyah, karena pernah aktif di Muhammadiyah,” Tutur Khabib M. Ajiwidodo, ketua Paguyuban Srengenge yang mendukung acara tersebut.

Agenda Ziarah Kebangsaan ini sekaligus menjelaskan bahwa selain makam Bung Karno, Blitar juga bisa menjadi tempat untuk menziarahi gagasan, pemikiran, dan sekaligus sejarah Bung Karno, atau Indonesia secara umum.

“Acara ini sangat unik, semoga bisa menjadi program rutin setiap tahunnya yang menjadi ciri khas IMM Blitar, yang tumbuh di Bumi Bung Karno,” Harap Sukma Ulinuha, Steering Commite acara.

Red.Pel

loading...

Post a Comment

0 Comments