PNS Jangan Sombong, Gajimu dari Rakyat

loading...

loading...


Belakangan beredar postingan salah satu akun facebook, yang menampilkan foto orang-orang berseragam PNS, yang disebut merendahkan babu. Meskipun postingan tersebut kemudian dihapus dan pengunggahnya mengaku jika akunnya diretas.

Namun diluar dari konten itu, sebaiknya PNS jangan sombong. Sebab PNS digaji oleh negara, sementara salah satu pendapatan terbesar negara jelas dari pajak yang dibayarkan oleh rakyat.

Artinya, PNS itu digaji dari pajak yang dibayarkan oleh rakyat. Diantara rakyat itu, ada yang pebisnis besar, pegawai swasta, hingga wiraswasta mandiri yang tidak bergantung pada negara, namun ikut mengisi kas negara lewat pajak.

loading...
Selain itu, PNS yang bekerja di kantor-kantor pelayanan publik, tugasnya adalah untuk melayani rakyat. Mereka digaji oleh negara agar bisa memberikan pelayanan yang maksimal terkait urusan publik.

Maka sangat menggelikan jika PNS berlaku sombong, termasuk ketika ada oknum yang merendahkan babu. Padahal babu tersebut bisa jadi adalah pembayar pajak, yang bekerja pada swasta, yang tidak jadi beban negara.

Sementara PNS yang tidak produktif, tidak maksimal kerjanya, yang membuat pelayanan publik tidak maksimal, justru menjadi beban negara. Karena negara harus tetap membayar orang yang tidak becus bekerja semacam itu.

Lantas masihkan menjadi sombong hanya karena menjadi PNS?

Fahd Julian
loading...

Post a Comment

0 Comments