Ide Ketua PDM Kab. Blitar agar Setiap PCM Memiliki Amal Usaha



loading...




Blitarmu- Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) selama ini sebagian besar dibawah Pimpinan Pusat, Wilayah, atau Daerah, sehingga seringkali ketika Cabang mengadakan kegiatan, atau membutuhkan dana untuk pendirian Masjid dan sebagainya, selalu mengajukan ke AUM daerah. Padahal AUM yang nampak besar seperti rumah sakit, sebenarnya juga memiliki keterbatasan tersendiri.
 
Ketua PDM Kabupaten Blitar, ketika menyampaikan materi
Karena itulah Ketua PDM Kabupaten Blitar, Hidayaturrahman, mencetuskan ide agar setiap PCM memiliki amal usaha bidang ekonomi dan sektor riil, yang 50% pendapatannya bisa digunakan untuk membiayai kegiatan dakwah Muhammadiyah. Sosok yang akrab disapa Pak Dayat tersebut juga menjelaskan tentang konstruksi keuangan PDM yang diperoleh dari AUM, terutama bidang kesehatan.

“Bapak Ibu tahu berapa keuntungan AUMKes yang kembali ke PDM?” tanya Pak Dayat ketika mengisi materi strategi dakwah Muhammadiyah dalam acara Kajian Ideopolitor yang berlangsung di Aula PKPRI Kota Blitar (20/02) lalu.

Menurutnya, keuntungan PDM dari AUM Kesehatan tidak lebih dari 10%. Ini ibarat sebuah raksasa yang berjalan lamban. “Yang ada biarlah tetap berjalan, namun mari kita kembangkan Amal usaha baru yang berbasis di cabang, saya sudah mulai di bidang peternakan di wilayah Ampel Gading. Meskipun tidak harus bidang peternakan, namun karena bidang tersebut sudah saya kuasahi,” jelasnya.

Selain itu, pengusaha muda tersebut juga mempertanyakan hasil Muktamar, yang menjadikan ekonomi menjadi pilar ketiga. “Ekonomi menjadi pilar ketiga di Muhammadiyah, namun selama ini masih belum dijelaskan praksisnya. Konsep ini mungkin bisa menjadi alternatif,” pungkasnya. [red.b]
loading...

Post a Comment

0 Comments