Pengajian Khusus Tentang HPT dan Ideologi




Blitarmu - Corps Mubaligh Muhammadiyah, beserta Majelis Tarjih dan Majelis Tabligh PDM Kabupaten Blitar menggelar pengajian khusus tentang ideologi dan HPT (Himpunan Putusan Tarjih), yang bertajuk tinjauan Ideologi gerakan dan kedudukan HPT bagi warga Muhammadiyah.

Acara tersebut berlangsung di Masjid Nurul Iman, Kanigoro, pada hari ahad 2 april 2017. Materi disampaikan langsung oleh Bapak Dr. HM. Nurhakim, M.Ag, dosen Universitas Muhammadiyah Malang yang sekaligus ketua Majelis Tarjih Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur.

Masalah ideologi menjadi hal yang penting bagi Muhammadiyah, karena itu terkait dengan identitas organisasi. Sementara HPT merupakan kompilasi hukum-hukum Islam yang telah ditarjihkan oleh PP Muhammadiyah melalui Majelis Tarjih.

Dibuatnya HPT sebenarnya lebih mempermudah warga Muhammadiyah untuk bersikap atas berbagai perbedaan fiqiyah yang terjadi, termasuk menjelaskan pandangan-pandangan keagamaan Muhammadiyah, sebagai organisasi Islam yang memiliki ideologi. [red.b]


loading...

Post a Comment

0 Comments