Kopdar Kokam, Berlanjut Membahas Soal Bisnis dan Pergerakan





BlitarmuID – Kokam PDPM Kab. Blitar memang berinisiatif untuk melaksanakan Kopi Darat (Kopdar) setiap bulan sekali. Setelah bulan lalu diadakan di Srengat, kali ini diadakan di Wlingi, tepatnya di Masjid Babadan Wlingi pada hari Sabtu, 29 April 2017.
 
Suasana Kopdar
Acara tersebut merupakan kumpul santai sembari mendiskusikan berbagai hal. Karena akhir pekan, maka acara dimulai sekitar pukul 21.30 sampai tengah malam. Khusus malam itu, tidak hanya Kokam saja yang hadir, melainkan juga dari Pemuda Muhammadiyah Kab. Blitar. Ketua dan Sekretaris kompak untuk hadir.

Sebelum bincang-bincang dimulai, kumpulan kawula muda itu mendapatkan kejutan dari Mbah Nardi. Masing-masing yang hadir mendapatkan jatah Mie Ayam gratis. Ini sekaligus tasyakuran Mbah Nardi, pemilik warung setempat yang dijuluki warung pergerakan, karena banyaknya diskusi pergerakan yang dilakukan disana.
 
Mbah Nardi, berkemeja pink
Meski acara tersebut dikemas dengan santai, namun tetap ada perbincangan serius yang memberikan nilai positif. Salah satunya yang disampaikan oleh Erfai, selaku PDPM Kab. Blitar. Ia mengingatkan agar Kokam bersikap lebih toleran kepada yang berbeda paham atau pemikiran.

“Jangan sampai ikut-ikutan membubarkan pengajian ustad atau ormas lain,” tegasnya.

Menurut Umar Abidin selaku tuan rumah, Secara kultural agenda Kopdar yang digelar bergiliran ke beberapa Kecamatan tersebut sekaligus sebagai upaya serap aspirasi, juga membantu PCM terdekat untuk menghidupkan organisasi, salah satunya untuk mengadakan Musyawarah Cabang.



Diskusi lainnya adalah seputar bisnis sengon. Pemuda Muhammadiyah sendiri baru saja mendapatkan bibit sengon gratis sebanyak 6.000. Bibit-bibit tersebut akan ditanam sendiri di lahan yang telah tersedia, lainnya akan dibagikan kepada siapapun yang berminat menanam untuk nantinya akan bagi hasil keuntungan.

Sampai tengah malam, ada yang melanjutkan berbincang, ada yang ijin pulang. Sebagian yang jarak rumahnya jauh, memilih untuk menginap dan pulang besok pagi. Kopdar selanjutnya akan digelar di Kecamatan yang berbeda. [SJP/red.b]
loading...

Post a Comment

1 Comments

  1. عمر عابدينApril 30, 2017 at 7:57 AM

    Semoga kegiatan ini lebih bermanfaat... Menghasilkan pikiran² cerdas kaum muda, membangun loyalitas & pola pikir pemuda berkemajuan.

    ReplyDelete

Tinggalkan jejak komentar di sini