Alamat

Jalan Trisula 32 Kademangan, Kabupaten Blitar./ Rumah Gendola Blitar. | Insight Blitar adalah media informasi, bukan produk Jurnalistik.

For you

Artikel Lainnya

Skip to main content

Bersama Orari, Kokam Kab. Blitar Perkuat Jaringan Komunikasi






Blitarmu – Jaringan Komunikasi sangatlah penting bagi Kokam, sebagai Komando Kesiap siagaan yang mendapatkan tugas khusus ketika terjadi bencana alam. Bersama Orari (Organisasi Radio Amatir Indonesia), Kokam memperbaiki jaringan komunikasi di Puncak Gunung Pegat, Kec. Srengat Kab. Blitar (09/04/17).



Sekitar 20 personel Kokam dan 12 personel Orari melebur dalam tiga regu. Regu pertama bagian teknisi jaringan. Regu kedua bagian saluran kabel. Regu ketiga bagian mengatur lintasan listriknya.



Hambatan paling sulit ialah pergantian kabel. Karena kabel harus terhubung dari repeater utama menuju gardu listrik, tak jarang anggota Kokam harus naik turun pohon untuk membuat jalur kabel dan memastikan kabel berada di jalur yang aman.



Jaringan ini kedepannya akan digunakan untuk memperkuat komunikasi lokal, baik dengan band frekwensi VHF/UHF via HT maupun untuk memperkuat jaringan internet. Kehadiran jaringan ini sangat dibutuhkan ketika terjadi bencana alam, sehingga tim relawan tidak lagi bergantung pada jaringan seluler yang kerap kali mengalami kendala.



“Dengan adanya jaringan ini, maka koordinasi antar Kokam se-Kabupaten Blitar diharapkan lebih mudah, sehingga bisa menjadikan percepatan dalam melakukan dakwah,” ucap Komandan Kokam, Slamet Riyadi, dengan penuh semangat. [red.b]


Blogger dan Aktivis Literasi

Comments

Post a Comment

Tinggalkan jejak komentar di sini