Panduan Transportasi untuk Berkunjung ke Makam Bung Karno, Dari Luar Kota

loading...

loading...
pitc : manusia lembah



Blitarmu - Salah satu pendiri Bangsa yang juga proklamator Republik Indonesia, Dr. (HC) Ir. Soekarno dimakamkan di Kota Blitar. Sebagaimana tokoh-tokoh bersejarah di dunia, banyak yang ingin berziarah ke Makam Bung Karno. Tidak hanya warga dalam negeri, tapi juga warga luar negeri, termasuk para peneliti yang ingin lebih dekat mengetahui seperti apa makam Ir. Soekarno.

Namun salah satu kendala yang paling sering dihadapi adalah akses menuju Kota Blitar. Minimnya transportasi publik membuat pengunjung pun harus ekstra keras untuk menuju tempat ini. Salah satunya ketiadaan akses transportasi udara. Sehingga siapapun yang ingin berkunjung ke Makam Soekarno, harus transit di Bandara terdekat seperti Malang dan Surabaya, serta harus menempuh jalur darat menuju Makam Bung Karno yang minimal 3 jam dari Malang.

Berikut beberapa panduan transportasi yang bisa anda jadikan referensi jika hendak berkunjung ke makam bung karno :

Jika melalui jalur udara, Bandara terdekat adalah Bandara Abdurrahman Shaleh di Kabupaten Malang. Namun Jadwal penerbangan dari Bandara ini tidak begitu padat. Jika dari Bandara Abdurrahman Shaleh, anda bisa menggunakan taksi atau travel untuk menuju stasiun kereta api atau terminal bus. Disana anda bisa melanjutkan perjalanan dengan kereta api atau bus menuju Blitar. Butuh waktu sekitar 2-3 jam untuk sampai di Blitar.

Jika melalui Bandara Djuanda Surabaya, anda bisa menggunakan taksi untuk menuju stasiun atau terminal terdekat. Anda bisa naik kerata api atau Bus langsung tujuan Blitar. Butuh waktu sekitar 5-6 jam untuk sampai ke Blitar.

Stasiun Kota Blitar dilewati jalur kereta lintas selatan. Sehingga, jika anda berangkat dari barat, misal startnya dari Bandung, anda bisa naik kereta jurusan Bandung-Malang. Nanti akan melewati Blitar. termasuk jika anda berangkat dari Yogyakarta. Anda pun juga bisa berangkat dari stasiun tiap kota yang dilewati oleh jalur Bandung-Malang.

Setelah sampai di stasiun Blitar, ada tiga transportasi yang bisa anda pilih. Bisa ojek, becak, atau dokar (delman). Ketiga transportasi ini bisa langsung menuju Makam Bung Karno. Ada juga angkot, namun anda harus berjalan sedikit keselatan sampai perempatan besar bernama perempatan kawi. Disana ada angkot kuning menuju Penataran yang jalurnya melewati Makam Bung Karno. Karena jarak dari stasiun kota Blitar ke Kompleks Makam Bung Karno tidak terlalu jauh.

Jika dari terminal, biasanya anda turun di terminal Bus Kota dekatnya Radio Patria. Ada beberapa alternatif, jika ingin langsung menuju Makam Bung Karno, anda bisa menggunakan jasa Ojek. Jika ingin transportasi Umum, ada bus jurusan Kediri. Anda naik Bus itu lalu turun di perempatan Kawi, anda cari angkot kuning jurusan penataran.

Di Blitar belum ada taksi. Angkutan umum pun masih terbatas. Jika ingin lebih eksklusif, anda bisa menggunakan jasa travel. Kompleks makam Bung Karno, selain ada makam, juga ada Museum dan Perpustakaan yang layak anda kunjungi. Selain tentu saja lapak oleh-oleh yang banyak tersebar dimana-mana, juga beberapa destinasi unik yang bisa anda kunjungi seperti Omah Djadul.
makam bung karno


area makam bung karno

museum bung karno

suasana dalam perpustakaan bung karno

Itulah sedikit informasi jika anda ingin berkunjung ke Kompleks makam Bung Karno, jika sudah tahu, anda bisa menjadwalkan liburan anda. Budget yang dikeluarkan tidak terlalu mahal, standart untuk kunjungan wisata. Biaya ojek berkisar belasan ribu, biaya bus atau angkot dibawah lima ribu. []
loading...

Post a Comment

0 Comments