Alamat

Jalan Trisula 32 Kademangan, Kabupaten Blitar./ Rumah Gendola Blitar. | Insight Blitar adalah media informasi, bukan produk Jurnalistik.

For you

Artikel Lainnya

Skip to main content

Ide Menulis dari Aktivitas Keseharian




Kamis, 29 Agustus 2019

Wartawan senior Radar Blitar itu menanti saya di depan minimarket dekat rumah untuk mengantarkan kopi Kahwo Blitar, produk yang ia buat bersama mertuanya yang dari Gandusari, Kabupaten Blitar itu.

"Orang sana biasa menyebut kopi Sirsah, atau kopi nongko, jenisnya Liberika," Jelasnya memberikan informasi.

Sejak lama saya ingin mencicipi kopi itu, dan akhirnya kesampaian. Meski harus pesan dulu, karena harus order stok. Cara pembuatannya pun masih tradisional, disangrai di atas tungku api/luwengan.

Liberika adalah jenis lain dari Robusta dan Arabica, yang pohonnya bisa setinggi pohon nangka, dan saat memetiknya harus naik tangga.



Disela perbincangan kopi, kami berbincang soal buku. Ya, beliau kan wartawan dan sekaligus penulis buku. Salah satu buku yang akan ia terbitkan adalah catatan keseharian mengantarkan dan menunggui sekolah anaknya yang masih TK.

"Genap 100 hari, aku tulis jadi lebih 400 lembar," Ungkapnya.

Sebagai wartawan senior, ia baru berangkat kerja siang menjelang sore hari. Paginya bisa mengantarkan dan menunggui anaknya sekolah. Saat itulah ia catat apa saja kegiatan anaknya, yang akhirnya menjadi diary, dan akhirnya akan dibukukan.

"Daripada ngrumpi sama ibu-ibu, ya aku ngintip-ngintip aja kegiatannya di dalam," Lanjutnya.

Menarik bukan? Hal sederhana yang banyak dijalani banyak orang tua itu, ternyata bisa menjadi ide menulis, bahkan dibukukan. Mungkin terkesan sebagai aktivitas biasa, namun jika dilihat lagi dari sudut yang berbeda, ada sisi unik yang bisa diangkat.

Lantas jangan meremehkan pengalaman sendiri, meskipun pengalaman itu juga dijalani banyak orang. Namun masing-masing orang pasti punya kesan dan sudut pandang pemaknaan yang berbeda.

Seperti halnya saat kita pergi ke suatu tempat, dan banyak orang juga sudah datang ke tempat tersebut, kesannya pasti berbeda-beda. Ada yang takjub, dan ada yang biasa saja. Tergantung rasa dan sudut pandang yang digunakan.

Aktivitas keseharian yang kita jalani, jika digali lagi, direnungi lebih dalam, akan selalu muncul hal menarik, baru dan unik, yang kita sendiri bahkan tak pernah menyadarinya selama ini.

Maka tak perlu jauh-jauh mencari ide menulis. Dalam diri kita sendiri ada, di sekitar lingkungan kita berada, dari teman yang biasa kita ajak berbincang, dan dari hal-hal dekat lainnya. []

Di Belakang Masjid Ringinanom, Kademangan
Ahmad Fahrizal Aziz
Just-fahri.blogspot.com

Dari Obrolan singkat dengan mas Yanu Aribowo.

Comments