Sukses Jangan Hanya Diukur dari Gaji dan Jabatan





Definisi sukses pada masyarakat sering diukur berdasar jabatan dan pendapatan, atau kepemilikan materi lainnya. Sukses semacam itu sebenarnya hanya dari satu sudut pandang saja, dan masih banyak sukses dari sudut pandang lainnya.

loading...
Di televisi sering kita lihat banyaknya pejabat yang terjerat kasus korupsi. Mereka sukses dari segi jabatan dan pendapatan meteri, namun gagal dalam mengelola hasrat keduniawiannya.

Begitupun ketika kita dapati orang kaya yang menjadi sombong, acuh tak acuh dan suka merendahkan orang lain. Mereka sukses secara ekonomi, namun gagal mengelola empati pada sesama.

Pada akhirnya sukses harus dimaknai lebih luas. Tidak saja dari segi ekonomi, namun juga dari sisi lain.

Misalnya, sukses dalam hal pendidikan barometernya adalah perilaku yang baik, akhlak yang luhur dan sikap empati pada sesama. Bukan hanya dilihat dari status pekerjaan dan nominal pendapatan.

Sukses juga bisa dilihat dari kebermanfaatannya pada orang lain dan masyarakat. Seperti ketika seseorang mendapatkan jabatan tertentu, sukses jangan hanya dipandang dari kekayaan yang ia dapat dari jabatan tersebut, namun bagaimana jabatan yang ia raih memberi efek kemanfaatan yang lebih luas pada masyarakat.

Begitupun kriteria sukses sebagai guru/pendidik, bukan saja dari jumlah gaji dan kepangkatan yang diraih, namun juga sejauh mana mampu diterima oleh murid-muridnya dan lebih mencerdaskan mereka.

Para relawan kemanusiaan misalnya, mungkin dari segi kepemilikan materi mereka biasa saja, atau sekedar cukup. Namun kesuksesan mereka dalam bidang kemanusiaan tidak bisa dianggap remeh.

Jadi, sukses jangan hanya dipandang dari sisi materi, kepemilikan barang dan nominal gaji. Sukses jangan hanya dipandang dari mobil dan rumah mewah yang dimiliki. Sukses cakupannya lebih luas dari itu.

Sukses yang terutama adalah rasa bahagia dalam menjalani hidup. Mungkin hidupnya biasa-biasa saja, namun hatinya tenang dan bahagia, karena tidak menyakiti orang lain, dan karena ia punya nilai manfaat lebih pada masyarakatnya. (Jul.lp)
loading...

Post a Comment

0 Comments