Juni, Adalah Bulan Kelahiran 4 Presiden Republik Indonesia

loading...

loading...




Bulan Juni menjadi sangat spesial bagi bangsa Indonesia, sebab 4 Presiden Republik Indonesia lahir pada bulan Juni. Meskipun bulan Juni sering diidentikkan dengan bulan kelahiran proklamator Bung Karno, sehingga disebut bulan bung Karno.

Namun tiga Presiden lainnya ternyata juga lahir pada bulan Juni. Hal ini menarik karena saat ini Indonesia baru memiliki 7 Presiden, sementara 4 dari 7 Presiden tersebut lahir pada bulan Juni.

Diawali oleh Bung Karno yang lahir pada 6 Juni 1901. Pada bulan Juni pula Bung Karno wafat, yaitu tanggal 21 Juni 1970. Oleh karenanya bulan Juni sering dikenang sebagai bulan Bung Karno, dan ada banyak perayaan, terutama di Blitar sebagai tempat pemakaman Presiden pertama Republik Indonesia tersebut.

Selain Bung Karno, bulan Juni juga adalah kelahiran Soeharto, Presiden kedua Republik Indonesia. Soeharto lahir pada 8 Juni 1921. Jarak usia antara Bung Karno dan Pak Harto adalah 20 tahun. Pak Harto meninggal pada 27 Januari 2008.

Selain Pak Harto, Presiden ketiga Republik Indonesia, B.J Habibie juga lahir pada bulan Juni, tepatnya pada 25 Juni 1939. Jarak usia B.J Habibie dan Pak Harto adalah 18 tahun.

Sementara Presiden setelahnya, yaitu Abdurrahman Wahid atau Gus Dur lahir pada 7 September 1940. Megawati Soekarno Putri lahir pada 23 Januari 1947 dan Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY lahir pada 9 September 1949.

Baru berikutnya, Joko Widodo, Presiden ketujuh Republik Indonesia lahir pada 21 Juni 1961. Tanggal lahir Jokowi persis dengan tanggal wafatnya Bung Karno. Meskipun saat Bung Karno wafat Jokowi sudah berusia 9 tahun.

Jadi, bulan Juni adalah bulan kelahiran 4 Presiden Republik Indonesia, yaitu Soekarno, Soeharto, B.J Habibie, dan Joko Widodo. Nah, apakah kamu juga lahir pada bulan Juni? (Red.lingped)
loading...

Post a Comment

0 Comments