Cak Nanto Berkunjung Ke Makam Bung Karno di Blitar






InsightBlitar.ID - Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Sunanto, atau yang akrab disapa Cak Nanto berziarah ke Makam Bung Karno di Blitar (5/6).

Kunjungannya tersebut didampingi oleh Nur Rozik (ketua PDPM Kota Blitar), Shobar Abdalla Diponingrat (ketua PDPM Kabupaten Blitar), Komisiner Bawaslu Kabupaten Blitar serta beberapa personil Kokam.

Tampak hadir juga beberapa pimpinan pusat dan wilayah serta PDPM dari daerah lainnya.


Menurut Cak Nanto, Bung Karno adalah sosok pemimpin yang otentik, proklamator yang sekaligus kader Muhammadiyah yang perlu diteladani.

"Bagi saya, Soekarno seperti halnya ayahanda Buya Syafii Maarif adalah pemilik jiwa kepemimpinan yang otentik, negarawan yang pancasilais," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Cak Nanto juga merefleksikan gagasan dan pemikiran Bung Karno agar kedepan tumbuh tunas-tunas bangsa.

Selepas agenda BAM

Kunjungan Cak Nanto tersebut dilakukan setelah mengisi kegiatan Baitul Arqam Madya (BAM) di Local Education Center (LEC) Garum, Kabupaten Blitar.

Agenda tersebut digelar oleh Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Jawa Timur dan diikuti oleh perwakilan dari Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah se-Jawa Timur.

Agenda Cak Nanto ini berbarengan dengan peringatan Bulan Bung Karno dan sehari sebelum tanggal 6 Juni yang notabene adalah hari lahir Bung Karno.

Sebelumnya Cak Nanto menjelaskan jika Pancasila sudah final dan Muhammadiyah menerimanya sebagai Darul Ahdi Wa Syahadah yang menjadi titik temu antara KeIslaman dan kehidupan berbangsa.

Ia juga mengajak para kader Muhammadiyah untuk mengisi anugrah Allah berupa kemerdekaan ini dengan menunjukkan amal bakti nyata membangun negeri.

###

Sunanto lahir di Sumenep, Madura, pada 24 September 1980. Pendidikannya dimulai dari SDN Lobuk, MTs Sumber Waras, SMA Muhammadiyah 1 Sumenep dan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ia aktif berorganisasi sejak masih pelajar di Ikatan Pelajar Muhammadiyah, lalu Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah hingga menjadi ketua umum DPD IMM Jawa Tengah, lalu menjadi ketua bidang hikmah DPP IMM Pusat.

Pada Muktamar XVII Pemuda Muhammadiyah di Yogyakarta 25-28 November 2018 lalu, dia terpilih menjadi ketua umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah periode 2018-2022.

Red.b/fj
loading...

Post a Comment

0 Comments