Juara Indonesian Idol 2020



Foto dari instagram @mnrr.ahmd

Senin, 11 Februari 2020

Akhirnya All female final. Setelah kontestan pria satu-satunya, Nuca, tereliminasi. Padahal saya pikir dia akan sampai 2 besar bersama Lyodra, kontestan yang saya favoritkan jadi juara.

Nuca pernah menjadi juara 2 di ajang The Voice Kids Indonesia, dilatih langsung oleh Tulus. Sayangnya, penampilan Nuca di Indonesian Idol ini memang flat. Dari 4 kontestan, hanya dia yang tak pernah dapat standing applause dari Juri.

Suaranya yang lembut dan jernih, memang sangat cocok didengarkan malam hari, di radio-radio atau audio mp3. Ciri khasnya memang itu. Tak ada yang keliru, setiap suara punya jodoh pendengarnya masing-masing.

-00-

Jika dilihat dari follower di Instagram, kontestan mungil bernama Ziva Magnolia bisa jadi juaranya. Juga kalau melihat kuatnya atensi publik pada kemajuan penampilan akhir-akhir ini, Tiara berkesempatan besar jadi juara.

Namun, dari sisi kematangan ekspresi, teknik vokal, dan penampilan di atas panggung, Lyodra lah juaranya. Vibranya sangat khas. Dia dilatih langsung oleh Erwin dan Gita Gutawa.

Dulu, lawan Nuca di grand final The Voice Kids Indonesia, Christoper, juga didikan Gita dan Erwin Gutawa. Sejak masih audisi, saya sudah menebak Christoper lah juaranya. Ternyata benar. Kadang saya merasa punya bakat dukun.

Sayangnya, banyak juga tebakan yang jauh meleset. Berarti saya dukun yang gagal.

Akan tetapi, Tiara punya kans besar untuk menang. Selera masyarakat kita masih menyukai penyanyi pop seperti Tiara. Ia mungkin bisa menggantikan posisi Raisa andai pensiun dari dunia musik.

Ketiga kontestan punya kans besar. Jika kita ingat Indonesian Idol sebelumnya, yang masuk grand final : Abdul dan Maria, malah tak diprediksi sebelumnya. Sementara kontestan dengan teknik vokal yang oke justru bertumbangan.

Kali ini, Lyodra masih bertahan. Padahal lawan berat Lyodra menurut saya adalah Novia dan Mahalini, keduanya sudah tereliminasi.

Lyodra harus menghadapi 2 kontestan yang unexpected sejak awal audisi. Bahkan Tiara bisa lolos karena "kebaikan" Judika memberikan Titanium tiket. Padahal berdasar voting juri lebih banyak yang bilang NO saat audisi.

Favorit saya masih Lyodra, yang jadi juaranya. Namun insting saya justru menebak antara Ziva dan Tiara. Jadi serba membingungkan.

Siapapun juaranya, sebenarnya juga bukan urusan saya. Cukup menikmati penampilan-penampilan mereka tiap minggunya, sudah cukup asyik.

Sebab masing-masing orang yang berjuang melampaui pengalaman dan tantangan baru dalam hidupnya, adalah juara. []

Kedai Muara
Ahmad Fahrizal Aziz
loading...

Post a Comment

0 Comments