Sempat Populer di Zamannya, 5 Jajanan Lebaran yang Kini Sulit Ditemui



Jajanan tradisional biasanya hadir di momentum lebaran. Bahkan sangat populer di eranya. Namun kini sudah jarang sekali ditemui. Banyak yang memilih cara praktis atau mencoba jajanan baru.

Nah, apa saja nih 5 jajanan tradisional yang pernah populer saat lebaran dulu?

1. Tape Ketan
Tape Ketan biasa dibungkus dengan daun pisang. Rasanya manis khas tape yang sudah melalui proses farmentasi. Tape Ketan biasa disuguhkan di piring-piring saat lebaran.
Sayang, fenomena tersebut kini jarang kita temui. Suguhan Tape Ketan tak banyak ditemui kecuali hanya di beberapa rumah yang pemiliknya masih telaten membuat suguhan lebaran sendiri.

2. Madu Mongso
Jajanan ini sangat terkenal, tidak saja saat lebaran namun juga saat acara-acara pernikahan. Makanan ini terbuat dari ketan hitam sebagai bahan dasarnya. Rasanya asam bercampur manis karena ketan hitam sebelumnya diolah dahulu menjadi tape.

Butuh skill tersendiri untuk bisa membuat jajanan ini, mungkin karena itulah tidak semua telaten dengan prosesnya, apalagi di tengah kesibukan kerja.

3. Kuping Gajah
Bentuknya lebar hampir seperti kuping/telinga. Konon karena mirip telinga gajah makanya dinamakan Kuping Gajah. Snack atau jajanan ini sangat populer dan menjadi suguhan lebaran.

Namun kini, eksistensinya sudah digeser oleh jajanan-jajanan terbaru. Padahal, di saat lebaran begini Kuping Gajah hampir selalu ada di toples-toples pemilik rumah yang kamu kunjungi.

4. Kembang Gula / Kue Benik
Nah, kalau jajanan ini punya nama yang bervariasi, apa nama di daerahmu? Biasanya kerap disebut Kembang Gula karena hiasan di atasnya yang sekilas sebagai kembangan/pajangan namun manis. Kalau sekarang disebutnya topping mungkin ya.

Jajanan ini sangat populer di eranya, bahkan sering diserbu oleh anak-anak kecil yang tertarik pada bagian kembangnya. Sayang kini sulit kita temui jajanan super legend ini.

5. Kue Sagon
Generasi Z pasti tidak tahu kue ini, padahal dulu sangat terkenal. Makanan yang terbuat dari tepung kentang dan parutan kelapa ini sangat digandrungi semua khalayak.

Perutan kelapanya terasa sejak gigitan pertama, tepungnya lumer di mulut dengan rasa manis gurih karena ada kandungan garamnya. Pokoknya super legend deh kue ini. Sekarang kok jarang ditemui ya?

___
Nah itu dia 5 jajanan legendaris saat lebaran yang sayangnya jarang kita temui sekarang ini, apa kamu tertarik untuk membuatnya? (ed.fa)
loading...

Post a Comment

0 Comments