Kuliahlah Demi Ilmu, Maka Pekerjaan Akan Mengikutimu






Salah satu tujuan kuliah adalah mendapat pekerjaan. Begitulah pikiran sebagian besar masyarakat. Pikiran seperti itupun juga tak salah, sebab kuliah memang mengajarkan skill tertentu yang nantinya bisa digunakan untuk bekerja pada bidang terkait.

loading...
Namun, yang lebih penting sebenarnya adalah ilmu dari perkuliahan itu sendiri. Sebab tak sedikit yang karena target utamanya pekerjaan, kuliah ala kadarnya. Sekadar dapat IPK dan sekadar bisa lulus sarjana.

Padahal dengan berfokus pada ilmu-nya, maka kualitas diri juga akan meningkat. Banyak para sarjana yang pusing mencari pekerjaan selepas lulus, karena mereka menjadi sarjana minimalis. Hanya berbekal nilai dan ijazah, tanpa keistimewaan lainnya.

Mereka yang berfokus pada ilmu, akan menemukan rezekinya tersendiri. Misalnya, menjadi pusat perhatian dosen, sering dapat rekom mengikuti olimpiade atau program kampus, sehingga jaringannya lebih luas. 

Tak jarang yang bahkan sudah "dilamar" lembaga terkait bahkan sebelum ia lulus, atau dapat rekomendasi dari kampus untuk lanjut S2 dan nantinya menjadi tenaga pengajar di kampus tersebut.

Ketika ilmu yang dikejar, maka pekerjaan akan mengikuti. Percayalah. Kuliahlah karena untuk memperkaya ilmu, maka IPK dan Ijazah akan mengikutimu, begitupun dengan pekerjaan.

Namun ketika kamu kuliah demi pekerjaan, maka ilmunya belum tentu didapat. Karena yang terbersit dalam pikiran hanya dapat nilai, diwisuda, dan ijazah. Tragisnya, setelah lulus pun pekerjaan belum tentu didapat. Akhirnya bekerja di bidang lain, yang jauh dari jurusan perkuliahan. (C01/Ath)
loading...

Post a Comment

0 Comments