Alamat

Jalan Trisula 32 Kademangan, Kabupaten Blitar./ Rumah Gendola Blitar. | Insight Blitar adalah media informasi, bukan produk Jurnalistik.

For you

Artikel Lainnya

Skip to main content

Asyiknya Ngobrol Pinggir Kali Bersama Aktivis Literasi dan Pegiat Lingkungan Blitar

Sesi foto bersama. Dok/panitia


Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Blitar menggelar acara tak biasa di hari Minggu (11/9), yaitu Ngopi (Ngobrol di Pinggir Kali) bersama aktivis literasi dan pegiat lingkungan.


Agenda tersebut berada di area gedung Dinas Perpustakaan dan Arsip, sisi timur Perpustakaan Kontainer yang terdapat Sungai Kecil.


Ada dua kegiatan yang digelar, yaitu diskusi terkait literasi dan aksi bersih-bersih sungai. Dibuka langsung oleh Kepala Dinas (Kadis) Perpusip Kabupaten Blitar, Ir. Krisna Triatmanto, M.Si.


Dalam penyampaiannya, Kadis menyinggung tentang literasi digital yang semakin marak belakangan ini, serta agar masyarakat bisa lebih bijak memanfaatkannya.


Lebih lanjut, ia juga mengingatkan pentingnya sinergi bersama baik antara pegiat literasi maupun pegiat lingkungan.


Agenda tersebut diikuti tak kurang dari 50 orang, termasuk sekretaris dinas, kepala bidang, dan staf Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Blitar.


Peserta yang hadir mewakili Sahabat Alam, Pegiat Taman Baca, Komunitas, Pelajar, hingga Gerakan Minat Baca.

Kepala Dinas memberikan sambutan. Dok/Cak Ni.

Setiawan Adi, ketua GPMB Kabupaten Blitar menyambut baik kegiatan ini sebagai bentuk silaturahmi dan sinergi terutama dalam hal literasi lingkungan.


"Giat yang dilaksanakan kemarin perlu ditindaklanjuti , sinergi pegiat lingkungan dan penggerak Literasi untuk menuju Blitar ber-literasi," ungkapnya.


Lebih lanjut, pendiri TBM Pintar Kademangan tersebut menjelaskan bahwa Kegiatan literasi perlu dimulai dari diri sendiri, dimulai dari rumah dan lingkungan masing-masing.


"Dan kita kembangkan ke masyarakat keseluruhan," lanjutnyanya.


Gebrakan Baru

Kegiatan bersih-bersih sungai. Dok/panitia.

Perpustakaan Daerah Kabupaten Blitar kini terasa lebih segar dengan beberapa pembenahan gedung dan pemanfaatan fasilitas seperti Gazebo dan Perpustakaan Kontainer.


Lokasinya yang asri juga mendukung untuk kegiatan belajar masyarakat.


"Kita ingin ada kegiatan di akhir pekan, salah satunya kegiatan ini dan kelas menulis di hari sabtu," ujar Maman Sukrisna, Kabid Layanan dan Sumber Daya Perpustakaan.


Perpustakaan Daerah Kabupaten Blitar terletak di Jl. Raya Kediri - Blitar No.9-12, Jatianom, Jatilengger, Kec. Ponggok, Kabupaten Blitar.


Berada di jalur utama arah Blitar-Kediri dengan ciri khas kontainer bewarna merah di bagian halamannya. Lokasinya masih cukup dekat dari pusat kota.


Koleksi buku cetak di Perpustakaan Daerah Kabupaten Blitar mencapai 18.761 dan 1.831 dalam bentuk digital.


Layanan lain yang bisa diakses adalah Perpustakaan Keliling yang bisa berkunjung ke sekolah-sekolah di Kabupaten Blitar.


Para pelajar ikut berpartisipasi. Dok/panitia.

Red.b/fa


Comments