Aksi Solidaritas Aliansi Perpus Jalanan Blitar : Dari Minat Baca ke Isu Lingkungan

loading...

loading...
Aliansi perpus jalanan Blitar menggelar aksi Solidaritas dengan agenda melapak buku bersama di Taman Idaman Hati, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar (10/08/19). Acara dimulai sejak pukul 13.00- tengah malam. Selain menggelar lapak buku, dalam agenda tersebut juga ada pembacaan puisi, cukil (sablon kaos) on the spot, dan diskusi terkait isu lingkungan hidup.
Menurut Cak Ni, salah satu pegiat Taman Baca yang juga ikut melapak, aksi solidaritas ini bersifat nasional dalam rangka dukungan pada pegiat lapak buku jalanan yang sering diperlakukan kurang baik, misalnya buku-bukunya di razia.


“Seperti yang terjadi di Probolinggo dan Makassar akhir-akhir ini, banyak sekali buku-buku yang dirazia dan mereka diperlakukan kurang baik, ini merupakan wujud aksi solidaritas,” Ujar Cak Ni, yang juga pendiri Kedai Ilmu Harmoni tersebut.
Beberapa pegiat yang turut berpartisipasi dalam aksi solidaritas tersebut antara lain, Walkers Melek, Ruang Baca Blitar, Gebang Pustaka, Lapak Baca Bersama, Plantzone Indonesia, Taman Baca Cahaya Nusantara, Taman Baca Ilalang, Kedai Ilmu Harmoni, TBM Gema Pustaka, Sinau Bareng Cah Sumberurip, dan lain sebagainya.
Sementara yang menjadi topik diskusi pada aksi solidaritas tersebut, adalah masalah lingkungan pencemaran sungai yang terjadi di wilayah Kabupaten Blitar. Salah satunya, yang menjadi keresahan para pegiat, adalah Sungai Genjong yang kini airnya tercemar limbah dan banyak ikannya yang mati.


Isu lingkungan lain seperti hutan yang gundul dan mulai banyaknya pabrik yang dibangun tanpa memperhatikan kondisi lingkungan sekitar, sehingga selain berpotensi merusak alam, juga merugikan warga. Salah satunya dari sisi kesehatan. Apalagi jika limbah pabrik tersebut mengandung bahan kimia berbahaya.


Namun secara umum, lapak buku bersama ini bertujuan untuk kembali mengajak masyarakat cinta membaca. Sejauh ini, ada 18 perpustakaan jalanan independen selain TBM yang eksis melapak di sudut-sudut Blitar, baik di Kota atau Kabupaten. (Rang/Fa)

______
Foto : Yafi, Cakni, Mada
loading...

Post a Comment

0 Comments